Zaha Pilih Pantai Gading Ketimbang Timnas Inggris

Wilfried Zaha secara mengejutkan memilih Pantai Gading sebagai tim nasional nya ketimbang timnas Inggris. Hal ini lantas mengundang banyak reaksi dari berbagai pihak yang berharap sang pemain mau menjadi bagian besar dalam perjalanan Inggris di pentas Internasional.

Zaha Pilih Pantai Gading Ketimbang Timnas Inggris

Diklaim Zaha mengambil keputusan ini lantaran kecewa dengan Inggris yang hanya memberikan kesempatan sebanyak dua kali kepada nya. Bukan itu saja, Zaha menganggap Inggris telah menelantarkan begitu saja apa yang sudah dia berikan kepada mereka.

Zaha mendapat kesempatan untuk tampil di ajng uji coba kontra Swedia dan Skotlandia pada November 2012 dan Agustus 2013. Winger Crystal Palace tersebut merupakan pemain kelahiran Abidjan, Pantai Gading dan masih bisa memperkuat timnas tanah kelahirannya karena belum pernah membela Inggris ajang resmi.

Zaha, 24 tahun telah menyatakan hidup serta mati nya kepada timnas Pantai Gading pada hari minggu kemarin dan kini Zaha memiliki peluang besar untuk tampil dalam ajang Piala Afrika 2017 Januari mendatang.

“Pemain keturunan Afrika-Pantai Gading, Wilfired Zaha telah memutuskan untuk bermain bagi The Elephants Pantai Gading, negara tempat kelahirannya,” demikian pernyataan dari Asosiasi Sepakbola Pantai Gading (FIF).

“Pemain memberikan surat resmi kepada FIFA terkait kepindahan nya dengan tujuan mengubah tim nasional yang ingin dia bela,”

“Dengan kehadiran sosok ayah, Presdien FIF Augustin Sidy Diallo dan pelatih timnas Michel Dussuyer, dia menandatangani permohonan untuk mengganti tim nasional yang akan dia bela kepada FIFA.” akhir pernyataan dari FIF.

Bisa dinilai bahwa karir Zaha di pentas Premier League Inggris biasa-biasa saja. Sempat menjadi harapan besar Manchester United, namun Zaha tidak bisa mengeluarkan kemampuan dan pencapaian level tertinggi. Kini Zaha mencoba untuk bangkit dan lebih berkembang bersama Crystal Palace.