Xavi: Messi Tak Perlu Pamer Trik Untuk Bermain Indah

Gelandang veteran asal Spanyol, Xavi Hernandez menyebut jika untuk melakukan permainan sepakbola yang indah tidak hanya soal unjuk trik dalam pertandingan. Sesuatu yang dilakukan dengan sederhana, namun bisa mencapai target, juga akan terlihat indah.

Xavi Hernandez memberikan contoh sepakbola yang indah namun tidak banyak trik dalam diri Lionel Messi. Bintang Barcelona itu nyaris tidak pernah melakukan trik yang aneh-aneh dalam permainan, namun permainannya di atas lapangan tetap saja mengundang decak kagum dari banyak penonton.

Messi cenderung melakukan semuanya ‘seperlunya’ saja, dalam arti dia melakukannya dengan tidak berlebihan. Tapi dengan sikapnya itu, Messi justru bisa melakukan aksi spektakuler seperti lolos dari penjagaan ketat beberapa lawan untuk mencetak gol.

“Apakah harus melakukan trik? Anda pernah lihat trik apa yang pernah dilakukan Leo Messi? Sepengetahuan saya, Leo Messi sangat jarang pamer trik. Messi hanya melakukan tugasnya. Leo Messi memainkan sepakbola yang bagus. Ia bisa melakukannya dengan sangat baik sehingga jika dilihat bisa menjadi indah,” terang Xavi Hernandez kepada El Pais.

Efisiensi permainan Barca ini memang sudah dilatih sejak para pemain menimba ilmu di akademi La Masia. Bahkan seorang kiper pun harus memiliki efisiensi dan kemampuan membaca pergerakan kawan dan lawan sama seperti pemain-pemai di depannya.

“Setiap menguasai bola, para pemain Barca harus bisa melihat ruang kosong dan menemukan rekan yang luput dari penjagaan. Marc Andre Ter Stegen saja tahu hal ini. Dia dilatih untuk melakukannya. Ketika dia melepas bola panjang, anda mungkin mengira dia sekadar membuangnya. ”

“Tapi tidak. Contohnya ketika Bayern Munchen bermain di Camp Nou, mereka melakukan marking kepada kami tapi membiarkan Marc Andre Ter Stegen bebas. Dia jadi bebas mengirim bola langsung kepada Suarez dan situasi 3 lawan 3 di pertahanan Bayern pun terjadi.”