Xabi Alonso Gantung Sepatu

Tahun ini bisa jadi tahun penutup untuk Xabi Alonso sebagai pesepakbola. Akhir musim ini, pemain ini akan segera pensiun. Berita tentang masa depan karir Alonso memang sudah lama tersiar apalagi kontraknya yang akan usai di musim panas nanti. Hingga musim 2016/2017 ini, belum ada keinginannya untuk memperbaharui kontraknya di Allianz Arena.

Ternyata Xabi Alonso mempunyai alasan. Dia sudah memutuskan untuk segera pensiun dari dunia sepakbola yang merupakan bagian dari hidupnya. Memasuki usia ke-35 tahun, pemain ini merasa sudah waktunya untuk mundur dari lapangan.

” Tidak mudah mengambil keputusan ini, namun saya rasa ini yang paling baik. Saya berpikir bahwa lebih cepat untuk mundur dan akhir musim ini waktu yang pas. Secara fisik saya masih mampu, namun lebih baik menyudahi saat ini, ” ujar Alonso.

Pemain ini merasa bahwa menyudahi karir di Bayern Munich adalah hal yang baik. Dia juga mengungkapkan rasa bangganya menjadi bagian dari FC Bayern.

Alonso memulai karirnya sebagai pemain Real Sociedad di tahun 2000 silam dan memperkuat klub masa kecilnya tersebut dalam waktu empat tahun. Lalu, dia pindah ke Liverpool di tahun 2004 yang membawa namanya kian melambung.

Di musim debutnya, Alonso berhasil mendapatka gelar Liga Champions, dengan satu gol di babak final melawan AC Milan yang menghasilkan seri 3-3 setelah Liverpool sempat terpuruk 0-3. Lima musim bersama The Reds, Alonso kembali ke Spanyol dan bergabung dengan Real Madrid. Bersama Madrid, Alonso berlaga sebanyak enam musim dengan hasil satu La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

Di tahun 2014 yang lalu, Alonso kemudian bersama Bundesliga di Bayern Munich yang berhasil membawa tim dengan hasil dua gelar Bundesliga dan dua gelar DFB-Pokal. Pemain ini sudah bermain sebanyak 690 laga dan 44 gol di level klub.

Dengan Timnas Spanyol, Xabi Alonso merupakan bagian dari tim yang gemilang dengan mendapatkan dua Piala Eropa dan satu pial Piala Dunia. Pemain ini mengumpulkan 114 caps dan 16 gol.