Walaupun Menang, Pelatih Dortmund Ungkap Anak Asuhnya Bermain Buruk

Peter Bosz Borussia Dortmund, Peter Bosz, Borussia Dortmund, Bundesliga, liga Jerman
Peter Bosz Borussia Dortmund

 

Pelatih Borussia Dortmund saat ini yaitu Peter Bosz, mengatakan bahwa pertandingan menghadapi Augsburg merupakan penampilan terburuk masa jabatannya sejauh ini. Padahal dalam pertandingan yang diselenggarakan kemarin malam pukul 20.30 WIB, timnya mempu mreaih kemenangan dengan menjebol dua kali gawang lawan walaupun sekali kebobolan.

Dortmund mampu memimpin pertandingan setelah tiga menit pertandingan dimulai, Andrey Yarmolenko menanduk bola liar dengan tumitnya dan tak dapat diselamatkan oleh kiper lawan. Namun hal tersebut hanya bertahan selama tujuh menit karena sang tuan rumah menyamakan kedudukan.

Shinji Kagawa telah berhasil mencetak gol kemenangan pada menit ke-23 dengan sebuah chip yang berani dari dalam kotak penalti, namun  terlepas dari kualitas gol mereka, BVB jauh dari yang terbaik.

Bosz, yang menggantikan Thomas Tuchel di musim panas lalu, mengatakan kepada konferensi persnya: “Ini adalah pertandingan terburuk sejak saya menjadi pelatih di Dortmund. Tidak ada yang mudah hari ini. “.

Ia menjelaskan “Di babak pertama kami menemukan banyak ruang tapi tidak bisa memanfaatkannya karena kami tidak bermain cukup baik. Di babak kedua, kami berhenti bermain sepak bola sama sekali. Setiap tim memiliki dua pertandingan per musim, itulah sebabnya saya sangat senang bahwa kami menang hari ini. ”

Dortmund juga sempat mendapat tendangan penalti pada menit ke-79 namun tendangan Pierre-Emerick Aubameyang gagal mengedi Panenka berhasil diselamatkan oleh kiper Augsburg Marwin Hitz, yang menutup keseluruhan layar yang mengecewakan bagi striker tersebut.

“Auba adalah pemain penting bagi kami,” kata Bosz. “Dia sudah mencetak delapan gol, dia selalu membantu kami, hari ini, dia tidak bermain bagus. Hukuman satu lawan satu, biasanya dia mengubahnya menjadi gol. Dia biasanya juga memiliki dua pertandingan per musim di mana hal-hal baik yang tidak bekerja untuknya. Hari ini adalah yang pertama.”

Saat ditanya mengapa ia meninggalkan Mario Gotze dari skuad dalam laga tersebut, pelatih Dortmund itu mengatakan, “Dia tidak cedera. Mario ingin bermain tapi saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak menginginkannya hari ini.

“Dia tidak bermain selama lima bulan dan kami harus merawatnya kembali untuk membentuk dengan hati-hati. Pertama, dia harus bermain 45 menit, lalu 60. Hari ini pertandingan ketiga dia dalam waktu seminggu. Itu akan terlalu banyak. Pertandingan penting hari ini tapi ada pertandingan yang lebih penting di depan yang kita membutuhkannya. “