Ventura Dikeluarkan dari Tim nasional Italia

Giampiero Ventura sekarang ini bukan lagi menjadi pelatih di tim nasional Italia. Ia secara resmi dikeluarkan dari posisinya setelah tidak berhasil mengantarkan Gli Azzurri lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Masa depan Ventura memang menjadi bahan perbincangan yang serius di Italia usai dia tidak berhasil membawa Gianluigi Buffon dan para rekannya ke Piala Dunia 2018. Walau desakan untuk mundur muncul dari bermacam kubu, bekas pelatih Torino tersebut bersikeras untuk bertahan di tempatnya.

Namun FIGC (Asosiasi Sepakbola Italia) terlihat tidak ada jalan lain. Absen di ajang Piala Dunia untuk kali pertama sedari tahun 1958 bikin mereka putuskan untuk memberhentikan Ventura.

Keputusan ini telah diambil usai sang Presiden FIGC Carlo Tavecchio lakukan pertemuan dengan perwakilan liga-liga pada hari Rabu (15/11/2017) waktu setempat di Roma.

“Sebagai hal pertama yang jadi hal utama untuk sekarang ini, Tavecchio mengabarkan pilihan terkait Azzurri dan semulai hari ini, Giampiero Ventura tidak lagi menjadi pelatih di timnas Italia,” ucap pernyataan resmi FIGC.

Ventura tidak berhasil mengantarkan Italia ke Piala Dunia 2018, usai tunduk dengan skor 0-1 secara agregat dari Swedia di babak play-off. Italia perlu lewati partai hidup-mati itu sebab hanya finis sebagai runner-up di babak kualifikasi di belakang Spanyol.

Ventura sering kali dikritik berhubungan dengan opsi yang ia pilih dalam sisi taktik. Ia suka tampil dengan menggunakan susunan 4-2-4, tetapi amat terekspos. Sedangkan saat bermain dengan pola 3-5-2, Italia tampil amat monoton. Seperti saat berhadapan dengan Swedia di pertemuan kedua play-off, di mana Italia hanya andalkan umpan-umpan silang.