Totti Pelajari Teknik Olah Bola Dari Messi dan Ronaldo

Totti Messi
Lionel Messi & Francesco Totti

Berstatus sebagai pemain senior, tidak membuat Francesco Totti merasa tahu segalanya dan masih terus belajar. Totti mengaku jika dia masih belajar ilmu mengolah bola dari dua pemain top dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Totti dikenal sebagai pemain yang tidak terlalu cepat ketika menggiring bola. Mantan kapten tim nasional Italia ini lebih banyak mengandalkan teknik saat berhadapan dengan para pemain dari tim lawan.

Karena cenderung tidak terlalu banyak mengandalkan fisik itulah yang membuat Totti masih sanggup bermain di usianya yang sudah menginjak angka 40 tahun. Fisik seringkali dia imbangi dengan umpan panjang yang akurat.

Namun, pemain yang berjuluk Il Capitano itu ternyata masih terus meningkatkan kecepatannya saat mengolah si kulit bundar. Messi dan Ronaldo adalah pemain yang selalu dia jadikan sebagai panutan untuk meningkatkan kemampuannya.

“Saya mencontoh Leo Messi dan Cristiano dalam hal kecepatan mengolah bola. Saya melihat pertandingan-pertandingan mereka, dan juga bermain game di playstation. Anda bisa melakukan hal-hal tertentu di sana,” ungkap Totti kepada La Gazzetta dello Sport.

Dalam kesempatan yang sama, Totti juga mengungkapkan salah satu penyesalan terbesarnya selama berkarier di sepakbola. Tidak pernah bermain dengan legenda sepakbola Brasil, Luis Nazario de Lima, yang biasa dikenal dengan Ronaldo. Kala itu, Totti menolak tawaran untuk hengkang ke Real Madrid.

“Saya sangat menyesal karena telah melewatkan kesempatan untuk bermain bersama dengan Ronaldo dan tidak memenangkan Liga Champions, padahal saat itu kesempatan itu sudah sangat dekat dengan saya. Sayangnya, itu tidak akan pernah terjadi, tidak ada waktu lagi,” tutup Totti.