Total Ronaldo Sudah Koleksi 15 Sanksi di Madrid

RFEF selaku komite disiplin sepakbola Spanyol telah resmi memberikan hukuman larangan bermain selama empat pertandingan kepada mega bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo usai mendorong wasit di Supercopa de Espana melawan Barcelona.

Sampai sejauh ini, Ronaldo terhitung sudah mengoleksi total 15 suspended games untuk alasan indisipliner sejak dirinya pertama kali bergabung dengan Madrid dari Manchester United pada tahun 2009 lalu. Berdasarkan catatan yang ada, Ronaldo pertama kali mendapat kartu merah ketika membela Madrid melawan Almeria.

Pada pertandingan itu, Ronaldo mendapatkan kartu kuning karena melepas jersey saat berselebrasi, selanjutnya mendapat kartu kuning kedua akibat melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan. Tak sampai berapa lama, Ronaldo kembali berulah dengan mendapat kartu merah langsung usai dituding melakukan penyikutan secara sengaja terhadap Patrick Mtiliga saat melawan Malaga.

Dua kejadian itu mungkin menjadi pembelajaran Ronaldo untuk bisa mengontrol emosi, terbukti tiga musim Ronaldo terbebas dari sanksi larangan bermain. Sampai satu hari tingkat kesabaran Ronaldo habis, dalam duel sekota Madrid. Ronaldo kedapatan melakukan tendangan kesengajaan ke arah Gabi dan diganjar kartu merah langsung oleh pengadil lapangan sekaligus mendapat sanksi tambahan dengan hukuman dua kali larangan bermain untuk Madrid.

Terus berlanjut dalam balutan pelatih baru, Carlo Ancelotti di Madrid, ketika itu Ronaldo mendapat insiden kontroversial saat tandang ke Athletic Bilbao. Diawali ketegangan dengan Ander Iturraspe, Ronaldo dianggap melakukan gerak tubuh yang dianggap menyindir kinerja hakim garis.

Dan yang terakhir terjadi pada pertandingan leg pertama Supercopa melawan Barcelona dialami Ronaldo pada Januari 2015. Ketika Madrid melawan Cordoba, Ronaldo kedapatan menendang Edimar Fraga dan mendorong Jose Angel Crespo. Dengan deretan rekam jejak buruk Ronaldo dalam keterlibatan suspendsi dari RFEF, total sang pemain sudah mengoleksi 15 hukuman.

Akibat hukuman yang sekarang terjadi, maka Ronaldo dipastikan absen ketika berhadapan dengan Barcelona dalam leg kedua Supercopa de Espana 2017 di Bernebue, sisanya terjadi dalam empat laga pembuka La Liga Spanyol akhir pekan ini.