Tiga Klub Dengan Kontrak Sponsor Jersey Termahal

nike barcelonaManchester City tak lama lagi akan mendapat sponsor baru. The Citizens kabarnya memilih Puma sebagai sponsor baru untuk jersey mereka.

City tak lagi menggunakan Nike karena menerima peningkatan 150 persen. Diberitakan oleh Daily Mail, City bakal menyetujui kontrak dengan nilai 50 juta pound sterling atau setara dengan Rp 900 miliar per tahun dengan apparel ternama Jerman tersebut.

Kerjasama tersebut bakal meningkatkan posisi Manchester City sebagai salah satu tim yang menerima uang tertinggi dari sponsor jersey. Akan tetapi City belum bisa masuk ke tiga besar. Lantas tim mana sajakah yang memiliki niklai sponsor jersey tertinggi. Siapa saja tim yang lebih baik dari The Citizens pada kategori ini? Berikut daftarnya.

1. Barcelona

Nike harus banting tulang menjaga kerja sama dengan Barcelona. Walaupun Lionel Messi bukanlah duta mereka, mereka tak ingin keluar dari persaingan menghadapi adidas yang memiliki Real Madrid di Spanyol.

Apalagi Nike lebih dulu kehilangan dua tim top, Manchester United dan Juventus, ke rival utama beberapa tahun belakangan. Dan nilai kontrak anyar Nike dengan Barca tak tanggung-tanggung yaitu 120 juta pound sterling, atau sekitar Rp 2,16 triliun, per tahun.

2. Manchester United

Dengan status sebagai klub terpopuler di Inggris, tak mengejutkan jika United mampu meyakinkan adidas agar mengucurkan dana 75 juta pound sterling, atau sekitar Rp 1,35 triliun per tahun dalam durasi 10 tahun dari 2015 hingga 2025.

Adidas sendiri siap memberi nilai sebesar itu guna MU agar meninggalkan Nike. The Red Devils dan Nike sebelumnya sudah bekerja sama selama 13 tahun yang bernilai 30 juta pound sterling (Rp 540 miliar).

3. Chelsea

Chelsea menerapkan strategi cerdas untuk mendapatkan nilai sponsor lebih tinggi. Mereka rela mengakhiri kontrak demi menerima kesepakatan yang lebih besar. The Blues melakukannya terhadap Adidas tahun 2017. Mereka membayar kompensasi demi memutus kontrak yang tersisa pada 2023.

Sesudahnya Chelsea menandatangani kepsepakatan dengan Nike yang bernilai 60 juta pound sterling, sekitar Rp 1,08 triliun hingga 2032 mendatang.