Tiga Calon Pelatih Baru Timnas Italia

carlo ancelottiTimnas Italia cuma menjadi penonton Piala Dunia 2018 menyusul kegagalan mereka mengalahkan Swedia pada play-off kualifikasi zona Eropa. Dalam pertandingan dua leg, Italia kalah agregat 0-1.

Ini adalah kedua kalinya Italia gagal mentas ke Piala Dunia sepanjang sejarah usai terakhir dialami pada 1958.

Atas kegagalan itu manajer Gli Azzurri Giampiero Ventura kabarnya segera mengundurkan diri. Dikabarkan dia meminta dana pesangon 700 ribu euro untuk kontraknya yang tersisa dua tahun lagi.

Kendati kubu Ventura membantah, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) kemungkinan bakal tetap memecatnya. Dan inilah tiga kandidat pelatih baru timnas Italia.

1. Roberto Mancini

Sosok Roberto Mancini muncul ke dalam daftar pengganti Ventura beberapa jam setelah kegagalan Azzurri mengalahkan Swedia. Pria yang pernah melatih Manchester City dan Inter Milan itu dinilai pas melatih generasi muda Italia.

Untuk sementara ini Mancini masih resmi jadi pelatih Zenit Saint Petersburg. Bersama raksasa Rusia itu ia terikat kontrak hingga Juni 2020. Walau tak menutup kemungkinan dia pergi untuk merapat ke Italia.

2. Antonio Conte

Lalu calon kedua ialah pelatih Chelsea, Antonio Conte. Banyak pihak memintanya agar kembali ke timnas Italia. Ditambah lagi saat ini Chelsea sedang dilanda performa buruk yang tentu saja mengancam posisinya.

Conte sendiri pernah membesut Italia dari periode Agustus 2014 sampai Juni 2016, sebelum mundur dan menerima pinangan The Blues. Pada gelaran Piala Eropa 2016 silam, Conte membawa Italia sampai babak perempat final.

3. Carlo Ancelotti

Terakhir siapa lagi jika bukan Carlo Ancelotti, pria yang sedang menganggur setelah dipecat Bayern Munich. Diyakini mantan manajer AC Milan, Chelsea, Real Madrid, dan Paris Saint-Germain itu bisa membawa Italia berjaya lagi berkat segudang pengalaman yang dia miliki.

Namun satu hal yang patut dicatat, walau selalu sukses di tingkat klub Ancelotti masih belukm teruji di level tim nasional.