Tiga Blunder Fatal Kiper Dalam Sepakbola

Robin ZentnerRobin Zentner melakukan kesalahan lucu pada pertandingan Bundesliga menghadapi Borussia Monchengladbach di Borussia Park, Sabtu (4/11/2017). Penjaga gawang Mainz itu melihat titik penalti seperti bola.

Dan kejadian unik yang terekam oleh kamera itu sontak menjadi viral di media sosial. Zentner menendang angin dengan bola menggelinding ke belakang badannya menjadi bahan candaan.

Untungnya, blunder kiper berusia 23 tahun itu tak berakibat fatal. Ia langsung sadar dan menghalau pemain lain untuk bikin gol sebelum rekan satu timnya datang menghalau bola.

“Dari sudut pandang mata, saya melihat sesuatu yang putih dan merasa itu adalah bola. Namun ternyata itu titik penalti. Setelah menendang dan tak mengenai bola, sesudah itu saya baru sadar,” ungkap Zentner, dilansir ESPN.

Blunder Zentner tak mempengaruhi hasil dalam laga tersebut. Mainz mendapat satu poin menghadapi Monchengladbach.

Akan tetapi Zentner bukan satu-satunya penjaga gawang yang pernah menendang angin. Paul Robinson bahkan melakukan itu di sebuah kompetisi yang lebih bergengsi.

Inggris lantas menyerah 0-2 di pertandingan itu tak gagal melangkah ke Piala Dunia 2010.

Kemudian blunderlain juga baru tercipta pada Piala Dunia U-17. Dalam pertandingan perebutan juara ketiga kontra Brasil, kiper Mali Youssouf Koita mendapat tekanan dari lawan.

Bola hasil sepakan itu sejatinya lemah dan mendatar. Akan tetapi Koita justru gagal mencomot bola sehingga Mali kalah dua gol tak terbalas.