Terpuruk Di DFB-Pokal, Astoria Walldorf Tetap Torehkan Sejarah

Astoria Walldorf menjadi tim yang tak melanjutkan aksinya di DFB-Pokal. Walau begitu, ada catatan sejarah yang mereka torehkan selama berlaga di klub divisi empat Jerman itu.

Klub yang sudah ada sejak 15 Februari 1995 itu kalah dengan skor 4-5 dalam sebuah peristiwa adu penalti kontra Arminia Bielefeld, di klub 2. Bundesliga, pada babak 16 besar DFB-Pokal yang dilaksanakan pertengahan minggu lalu.

Catatan sejarah yang dilakukan oleh Astoria Walldorf adalah saat menurunkan Benjamin Hoffmann pada tambahan waktu bermain. Di liga Jerman, Hoffman adalah pemain pertama yang bergabung sebgaia pemain cadangan keempat dan Astoria merupakan klub pertama yang memakai pergantian pemain itu.

Seperti yang diketahui, kini ada peraturan sepakbola yang memperbolehkan tiga pemain cadangan untuk tiap tim dalam laga yang resmi, walau saat ini pergantian pemain keempat sedang direncanakan juga.

Pada Desember tahun lalu, Federasi Sepakbola Jerman mengungkapkan bahwa klub-klub yang ada di DFB-Pokal akan diperbolehkan menurunkan pemain cadangan keempat di waktu tambahan, sebagai bagian dari perubahan peraturan yang diberlakukan.

” Saya rasa itu adalah hal yang bagus. Jika ada hal terjadi di extra time, seperti cedera pemain, ini dapat memberikan perubahan ke laga jika Anda sudah memainkan tiga pemain lain, ” ucap petinggi Asosiasi Klub Eropa, Karl-Heinz Rummenigge.

International Football Association Board atau IFAB, pihak yang menentukan peraturan dari permainan sepakbola di dunia, kini sedang membicarakan hal itu. Pada Maret tahun yang lalu, IFAB juga menerapkan peraturan pergantian pemain yang keempat di extra time dalam turnamen sepakbola Olimpiade Rio 2016. Selanjutnya, penggunakan pemain cadangan yang keempat juga akan diizinkan di Piala FA di babak perempatfinal dan selanjutnya.