Tentang Jadwal Ulang, Tuchel: UEFA Tak Pikirkan Pemain

Sang pelatih Borussia Dortmund Thomas Tuchel merasa geram dengan keputusan yang telah UEFA ambil berhubungan dengan jadwal pertandingan berhadapan dengan AS Monaco. Pilihan tersebut dikatakannya tidak memikirkan keadaan yang dialami oleh para pemain Dortmund setelah terjadinya insiden yang menimpa mereka.

Laga antara Dortmund melawan Monaco pada pertemuan pertama babak perempatfinal Liga Champions yang mestinya berlangsung pada hari Rabu (12/4/2017) dinihari WIB tertuna karena kejadian yang dialami bus tim Dortmund. 3 ledakan yang terjadi di sekitar bus tim Dortmund ketika tengah berada dalam perjalanan ke Signal Iduna Park dan Marc Bartra terluka.

Di beberapa jam selanjutnya, laga jadi akan berlangsung pada hari Rabu (12/4/2017) malam WIB. UEFA mengatakan hal itu lewat konsultasi dengan kedua pihak klub.

Tetapi Tuchel akui kalau dirinya dan para pemain Dortmund tidak pernah diminta pendapat soal jadwal ulang laga berhadapan dengan Monaco. Tuchel juga merasa tak senang sebab pertandingan ditunda tidak sampai 24 jam usai insiden tersebut karena timnya tidak miliki banyak waktu untuk pulihkan diri mereka.

“Kami tak ditanya. Kami tahu hal itu dari pesan singkat kalau di Swiss keputusan telah ditentukan. Saat mereka katakan ‘kalian akan tampil besok’, kami amat diabaikan,” ucap Tuchel.

“Perlakuan mereka pada kami seperti hanya melempar kaleng bir ke bus.”

“Kami perlukan waktu lebih lagi untuk lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Ini menunjukkan bahwa kami tak dapat lakukan apapun, kalau kami perlu terus melangsungkan laga dan tak ada hal lain yang paling penting.”

“Saya menyemangati para pemain untuk melangsungkan laga dengan serius, namun sepakbola bukanlah hal yang terpenting di dunia ini,” imbuh dia.

Lewat laga pertemuan pertama perempatfinal yang berlangsung pada hari Rabu (12/4/2017) malam WIB di Signal Iduna Park, Dortmund terpaksa harus tertunduk dengan skor 2-3. Hasil tersebut bikin Dortmund menghadapi tembok besar di pertemuan kedua yang bakal berlangsung di kandang Monaco pekan berikutnya.