Tanpa Ballon d’Or, Messi Tetap Pemain Terbaik Dunia

Lionel MessiPelatih Barcelona, Ernesto Valverde, angkat bicara soal penilaian pribadinya terhadap Lionel Messi soal Ballon d’Or. Valverde merasa optimis bahwa Messi merupakan salah satu kandidat terkuat untuk memenangkan penghargaan pemain terbaik itu.

Messi menjadi salah satu kandidat kuat peraih titel Ballon d’Or berkat keberhasilannya membawa Barca memenangkan Copa del Rey 2016-2017. Jika gagal memenangkannya pun Valverde menegaskan jika Messi tidak perlu Ballon d’Or karena penyerangnya itu sudah berstatus sebagai pemain terbaik di dunia.

Dalam perebutan Ballon d’Or, kapten tim nasional Argentina tersebut punya satu rival berat, dia adalah Cristiano Ronaldo, yang sukses merebut trofi Liga Spanyol dan Liga Champions bersama Real Madrid. Menurut penilaian Valverde, Messi tetap layak memperoleh status terbaik walaupun kelak kalah dalam perebutan trofi Ballon d’Or.

“Kita semua tahu Lionel Messi adalah pemain terbaik di dunia. Pembahasan mengenai Ballon d’Or bukan hal penting yang membuat saya khawatir karena saya tahu Lionel Messi merupakan pemain terbaik dunia. Lebih banyak bola emas atau sedikit, walaupun terbuat dari emas, perak, atau perunggu, tidak berpengaruh dengan apapun,”” ujar Ernesto Valverde seperti dikutip dari Marca.

Valverde pun akan kembali menunggu aksi luar biasa Lionel Messi di pentas Liga Champions. Barcelona akan berhadapan dengan tim wakil dari Yunani, Olympiakos Piraeus di Stadion Camp Nou, pada hari Kamis (19 Oktober 2017) dinihari WIB.

Ada satu hal menarik bagi Valverde, dia akan melawan tim yang notabene pernah dia tangani di masa lalu. Manajer asal Spanyol tersebut pernah mengabdi bersama klub tersebut dalam dua periode, yakni pada musim 2008/2009 dan pada musim 2010 hingga 2012.

“Saya sangat menunggu pertandingan melawan Olympiakos Piraeus karena saya menerima sambutan hangat besar dari mereka. Barcelona adalah klub yang terbiasa dengan kemenangan. Olympiakos Piraeus akan berusaha mengejutkan kami dan dari pengalaman saya tahu mereka akan berjuang sengit hingga akhir pertandingan,”

Salah satu nilai positif yang disukai Valverde terhadap Olympiakos Piraeus adalah sikap klub tersebut yang selalu memperlakukannya sebagai individu. “Orang-orang di Yunani selalu memperlakukan saya dengan amat fenomenal dan yang paling penting selain kemenangan di sana adalah orang-orang di sana,” kata Ernesto Valverde.