Sulitnya Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi

Tidak adanya Lionel Messi untuk empat laga timnas Argentina merupakan suatu kerugian yang sangat mengancam untuk kinerja timnas selanjutnya. Albiceleste sepertinya kesulitan untuk melaju ke babak selanjutnya di jelang babak final Piala Dunia 2018 yang akan datang.

Lionel Messi baru saja mendapat hukuman tidak dapat bermain selama empat laga oleh pihak FIFA. Pemain berumur 29 tahun tersebut mendapat hukuman karena dinilai menggangu hakim garis di laga kontra timnas Chile di minggu yang lalu.

Timnas Argentina sudah mengungkapkan keinginannya untuk melakukan pengajuan banding atas sanksi tersebut. Jika nanti hukuman tersebut tidak dibatalkan atau diringankan, Messi akan menepi dalam laga di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 kontra Bolivia, Uruguay, Venezuela, dan Peru. Pesepakbola dunia ini baru akan bermain di laga pamungkas kualifikasi kontra Ekuador pada bulan Oktober nanti.

Sementara itu, Argentina sekarang ini berada di posisi yang ketiga untuk klasemen sementara dengan hasil 22 poin dari 13 laga. Tim Tango selisih delapan poin dari Brasil yang saat ini memuncaki klasemen dan beda satu poin di bawah timnas Uruguay.

Tempat Argentina memang masih sulit, pasalnya tim-tim di bawah mereka juga masih mudah mengejar posisi mereka. Kolombia sendiri ada di tempat keempat hanya selisih satu poin, sementara Ekuador dan Chile hanya beda dua poin. Di sisi lain, hanya empat tim paling atas yang akan melaju ke babak final Piala Dunia 2018, dan tim di posisi kelima akan melalui play-off.

Jika dilihat dari para pemain timnas, sang pelatih yakni Edgardo Bauza sebenarnya memiliki banyak penyerang mematikan lainnya. Bauza dapat menurunkan Gonzalo Higuain, Sergio Aguero, hingga Paulo Dybala atau Mauro Icardi.

Namun, Argentina memiliki catatan terpuruk ketika Messi tidak bergabung. Dalam tujuh laga di babak kualifikasi Piala Dunia tanpa pesepakbola dunia ini, Argentina hanya sukses satu kali. Sementara di enam laga yang lain, mereka mendapat empat hasil imbang dan dua kali kegagalan.

Berbeda dengan ketika Lionel Messi bermain di enam laga babak kualifikasi lainnya. Timnas Argentina dapat memenangkan lima laga dan hanya sekali gagal kontra timnas Brasil. Dalam enam laga itu, dirinya membukukan empat gol.