Stadion-stadion Raksasa Ini Tinggal Kenangan

Old TraffordStadion-stadion sepakbola yang ada Inggris kebanyakan punya fasilitas lengkap nan mewah, berkapasitas puluhan ribu penonton, dan menjadi lahan mengeruk uang untuk sebuah klub klub. Namun ada cerita menarik dibalik itu semua. Ketenaran dari stadion-stadion raksasa itu sebenarnya sudah ‘membunuh’ banyak korban stadion lainnya.

Stadion yang sudah tidak dipakai, biasanya akan dialih fungsikan. Ada yang sekarang jadi perumahan, fasilitas umum, ada pula yang dihancurkan, seperti kebanyakan stadion di Indonesia. Bedanya, di Indonesia tidak banyak stadion baru yang dibangun sebagai penggantinya.

Lalu, stadion klub Inggris mana saja yang sekarang sudah tidak dipakai dan telah berubah fungsi? Sebenarnya, ada 25 stadion yang saat ini sudah tidak dipakai lagi. Namun dari banyaknya stadion tersebut, hanya ada beberapa stadion sempat yang menjadi markas klub-klub besar yang pernah berkompetisi di Premier League.

Ayresome Park (Middlesbrough)
Ayresome Park
 Ayresome-Park

Middlesbrough pernah memakai stadion Ayresome Park sebagai kandang mereka selama hampir 1 abad. Middlesbrough merumput di Ayresome Park sejak tahun 1903, saat mereka masih berkompetisi Football League. Baru pada tahun 1995 The Boro meninggalkan stadion ini dan pindah ke Riverside Stadium.

Saat ini, Ayresome Park sudah dihancurkan dan beralih fungsi menjadi perumahan mewah. Namun, pihak pengelola Ayresome Park House Estate tidak ingin menghilangkan kenangan sejarah tempat tersebut.

Pihak pengelola membuat 10 patung perunggu berbentuk pemain bola . Beberapa batu batu dibentuk layaknya sepasang sepatu dan dipasang di beberapa halaman rumah. Kabarnya, salah satu lokasi sepatu tersebut dulunya merupakan titik tendangan penalti.

Roker Park (Sunderland)
Roker Park
Roker Park
Sebelum menempati stadion Stadium of Light sebagai kandang mereka, Sunderland sempat menjadikan Roker Park Stadium sebagai kandang mereka hingga tahun 1997. Walaupun demikian, Sunderland memang sudah beberapa kali berpindah kandang dan Roker Park merupakan kandang keenam yang pernah dipakai oleh The Black Cats.

Sekarang Roker Park sudah menjadi lokasi perumahan. Sebelum meninggalkan stadion itu, Sunderland menyelenggarakan pertandingan terakhir melawan Liverpool. Dan pada pertandingan perpisahan tersebut, Sunderland memberikan hadiah manis bagi Roker Park dengan kemenangan tipis 1 – 0.

The Dell (Southampton)
The Dell
The Dell
Stadion The Dell sempat dinamakan Antelope Ground (1887-1896) dan sempat menjadi kandang tim kriket Southampton pada 1896 sampai 1898. Barulah pada 1898 tim berjuluk The Saints memakai The Dell Stadium sebagai kandang mereka hingga tahun 2001. Total 103 tahun Soton bermarkas di The Dell sebelum pindah ke St. Mary Stadium.

Setelah tidak lagi dipakai untuk bermain sepakbola, The Dell kini telah disulap menjadi salah satu perumahan mewah di kawasan Hampshire. The Dell House Estate merupakan perumahan mewah dengan arsitektur taman indah di tengah-tengah bangunan perumahan ini.

Maine Road (Manchester City)
Maine Road
Maine Road
Maine Road sempat berstatus sebagai salah satu stadion terbesar di Liga Inggris. Stadion ini yang bisa menampung hingga 84 ribu penonton. Namun setelah terjadinya peristiwa Hillsborough, markas Manchester City sebelum hijrah ke Etihad Stadium ini hanya berkapasitas 31 ribu penonton.

Setelah dipakai sebagai kandang Manchester City selama 80 tahun, Maine Road akhirnya dirobohkan pada tahun 2003 silam dan sekarang disulap menjadi sebuah lokasi perumahan yang kabarnya hemat energi walaupun memakai desain bangunan yang modern.

Highbury (Arsenal)
Highbury
Highbury
Stadion Highbury adalah stadion yang pernah dipakai oleh Arsenal dan bisa menampung sebanyak 60 ribu penonton pada tahun 1990-an. Namun setelah mengalami beberapa kali renovasi, akhirnya kandang Arsenal ini hanya berkapasitas 34 ribu penonton ketika dirobohkan pada tahun 2013.

Berstatus sebagai kandang Arsenal sejak tahun 1913, tentunya hampir seluruh gelar yang didapatkan The Gunners mereka dapatkan saat bermain di stadion ini. Karena baru pada tahun ini Arsenal meraih gelar juara setelah sempat puasa gelar selama sembilan tahun.

Setelah Arsenal pindah ke Emirates Stadium, Highbury diratakan dengan tanah. Tapi sekarang, Highbury sudah dirubah menjadi sebuah kawasan komplek apartemen mewah. Area lapangan sendiri saat ini dimodifikasi menjadi area taman yang tertata dengan indah.