Situasi Politik Katalan Memanas, Girona vs Madrid Tetap Digelar

real madridSupremo Girona Delfi Geli menepis kabar jika laga kontra Real Madrid, Minggu (29/10/2017), akan ditunda setelah Katalan resmi deklarasi kemerdekaannya.

Geli menyatajakan jika laga bakal tetap dilangsungkan sesuai jadwal. Sebelumnya, sebuah stasiun radio Spanyol memberitakan jika duel antara Girona menghadapi Real Madrid bisa dihentikan oleh pihak berwenang lantaran cemas memunculkan kerusuhan di kota Katalan.

Namun Girona bersikukuh takkan ada gangguan keamanan dari laga tersebut. Mereka telah melakukan berbagai persiapan.

“Persiapan sudah dilakukan beberapa waktu lalu,” kata Geli. “Fans kami sudah tidak sabar untuk menanti lawatan Real Madrid dan mereka mau menikmati Girona di La Liga.

“Mereka merupakan tamu yang amat penting, salah satu klub terbesar dunia dan yang kami ingin lihat Girona menghadapi Real Madrid. Ini akan memberi kesan lain bagi fans kami di Montilivi.”

Wali kota Girona, Marta Madrenas, pun turut membenarkan jika ketakutan dan kekerasan sama sekali tidak benar.

“Di Girona kita, seperti di semua Catalonia, masyarakat di sini betul-betul bertanggung jawab,” kata Madrenas kepada TV3.

“Tak ada alasan untuk takut terjadi masalah. Fans sepakbola bersikap seperti biasa.”

Di lain sisi manajer Real Madrid Zinedine Zidane mengungkapkan timnya bakal fokus menghadapi Girona dalam pertandingan lanjutan Liga Spanyol kendati akhir pekan ini ada isu otoritas La Liga bisa menunda karena alasan keamanan.

“Kami sama sekali tak cemas dengan Katalan karena keamanan di sana akan berjalan sangat baik,” kata Zidane.