Simone Zaza, Dari Tak Dianggap Menjadi Pesaing Ronaldo dan Messi

Simone ZazaKesabaran Simone Zaza sepertinya sudah membuahkan hasil. Setelah didepak sana-sini oleh banyak klub, sekarang dia menjadi striker top di La Liga, bahkan bersaing dengan dua penyerang papan atas liga itu, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Zaza sedang berlari kencang bersama Valencia musim ini. Pemain asal Italia ini mengantarkan Los Che belum terkalahkan di La Liga, dengan berada di peringkat dua (30 poin), tertinggal empat angka dari Barcelona dan berada 6 poin di atas Real Madrid dan Atletico Madrid.

Penampilan Simone Zaza musim ini memang bisa dibilang mengejutkan, tapi hal itu bisa dibilang wajar jika melihat pengalamannya selama beberapa tahun belakangan. Zaza mengawali karier sepakbola profesionalnya di tahun 2008 saat berusia 17 tahun. Atalanta merupakan klub pertamanya, namun sampai musim 2010 dia hanya dimainkan di 3 pertanidngan. Ia pun pindah ke Sampdoria.

Bersama Sampdoria, karier Zaza masih belum membaik, bahkan lebih buruk karena hanya bermain dalam dua pertandigan. Ia pun hengkang pada tahun 2011 dengan dipinjamkan ke tiga klub Serie B hingga 2013. Usai masa peminjamannya habis, secara mengejutkan dia dibeli Juventus.

Bersama Juventus, lagi-lagi dia tidak kebagian tempat di tim inti lantaran di lini depan Il Bianconeri saat itu sudah diisi oleh beberapa pemain top macam Carlos Tevez, Mirko Vucinic, dan Sebastian Giovinco, ia pun dilepas ke Sassuolo dengan status kepemilikan bersama.

Dua musim merumput bersama Sassuolo, Simone Zaza mencetak 20 gol di Serie A yang membuat Juventus kembali merekrutnya di musim 2015/2016. Tapi lagi-lagi dia tidak mendapat tempat di tim inti, ia dipinjamkan ke West Ham United. Di Inggris, dia gagal mencetak satu gol pun dari delapan pertandingan yang dijalaninya di Premier League.

Di musim panas 2016/2017, untuk kesekian kalinya Zaza dipinjamkan, kali ini Valencia. Di musim pertamanya berkarier di Spanyol, enam gol dia ciptakan dari 20 penampilan. Musim ini, Zaza pun resmi diikat permanen Valencia dengan transfer mencapai 16 juta euro ditambah bonus sebesar 2 juta euro.

Pengalaman buruk di sejumlah klub membuat Zaza menjadi striker tajam di La Liga. Zaza pun layak disebut sebagai pesaing Messi dan Ronaldo mengenai mencetak gol di La Liga. Sejauh ini, Zaza sudah mencetak sembilan gol dari 11 penampilan, hanya kalah tiga gol dari Messi. Zaza punya kesempatan untuk membuktikan dirinya layak menjadi penantang Messi datang saat Valencia menjamu Barcelona di Mestalla di jornada ke-13, Senin (27 November 2017) dini hari WIB.