Siapa Yang Akan Jadi Juara La Liga Musim Ini?

barca vs madridPekan terakhir La Liga musim ini dipastikan akan berlangsung dengan sangat panas karena tim juara baru akan dipastikan di sini. Ini merupakan ke-35 nya sepanjang sejarah La Liga, tim peraih juara baru bisa dipastikan di saat-saat terakhir.

Sampai pekan ke-37, juara La Liga Spanyol masih belum bisa dipastikan. Real Madrid yang ada di puncak klasemen sementara memang sudah sangat dekat dengan trofi, namun Barcelona yang ada di posisi dua juga masih punya kesempatan menyalip di saat-saat terakhir.

Real Madrid ada posisi puncak dengan perolehan 90, unggul tiga poin dari Barca. Situasi ini membuat Los Blancos hanya perlu meraih hasil imbang di kandang Malaga untuk mengunci gelar. Sementara Barca wajib menang dan berharap Madrid takluk untuk menciptakan kejutan di laga terakhir.

Liga Spanyol sendiri berlangsung sebanyak 35 kali dan juara baru akan ditentukan di pekan terakhir. Dari jumlah itu, relatif tak banyak kejutan yang terjadi. Hanya enam kali tim yang memimpin klasemen menuju pekan terakhir, kemudian terpeleset dan gagal juara.

Dari enam kesempatan itu, Barcelona pernah tiga kali merasakan juara di saat-saat terakhir dengan di antaranya adalah bersaing melawan musuh bebuyutan mereka, Real Madrid.

Di musim 1991/1992 misalnya, Barca menggeser Real Madrid di pekan terakhir. Real Madrid yang saat itu berstatus sebagai pemimpin klasemen sementara, secara mengejutkan dipermalukan oleh Tenerife dan di lain sisi Barca menang atas Athletic Bilbao. Juara pun jatuh ke tangan Barcelona.

Satu tahun kemudian hal itu kembali terjadi. Real Madrid kalah lagi-lagi dari Tenerife, sementara Barca di tempat lain menang atas Real Sociedad. Barca kembali mencuri gelar yang sudah hampir dimenangkan oleh Real Madrid di saat terakhir.

Di musim berikutnya, Barca kembali jadi juara lewat cara yang dramatis. Di akhir musim 1993/1994, raksasa Catalan ini menggeser Deportivo La Coruna yang di partai terakhir berimbang kontra Valencia, sementara Barca menang 5-2 atas Sevilla untuk mengunci gelar. Musim 1993/1994 menjadi drama terakhir tentang perebutan gelar yang ditentukan di saat-saat terakhir.