Sempat Jadi Calon Juara, Inter Gagal Ke Liga Champions

Inter Milan

Ketika paruh pertama, Inter Milan merupakan salah satu kandidat juara. Namun akibat penampilan yang tidak stabil mengakibatkan Inter sekarang dipastikan hanya finis di zona Liga Europa.

Inter mengawali Serie A musim ini dengan cukup oke melalui lima kemenangan berturut-turut demi mencapai puncak klasemen. Meskipun sempat tergeser, Inter lalu kembali ke urutan teratas di giornata 15 hingga pertengahan musim.

Akan tetapi, usai menjadi pemuncak klasemen pada 6 Januari, kedudukan Inter terus menurun. Tujuh pekan usai mengungguli klasemen, Inter turun ke posisi kelima usai cuma menang sekali dalam tujuh laga yang mereka lakoni.

Penampilan Inter yang naik turun mengakibatkan mereka mulai kesusahan untuk mengejar urutan tiga besar atau zona Liga Champions. Keinginan Nerazzurri untuk bermain di kompetisi tertinggi antarklub Eropa di musim depan pun telah diyakini telah hilang usai mereka tunduk 0-2 dari Lazio di giornata 35, Senin (2/5/2016) dinihari WIB.

Atas perolehan itu, Inter tetap berada di posisi kempat dengan 64 angka dari 36 laga. Dengan masih menyisakan dua pertandingan lagi, Mauro Icardi dkk. dipastikan tidak akan dapat mengejar AS Roma yang memimpin tujuh poin.

Penjaga gawang Inter, Samir Handanovic, menyesalkan ketidakstabilan timnya. Dia juga mengatakan Inter telah menyia-nyiakan kepemimpinan yang sempat mereka dapatkan di paruh pertama musim ini.

Handanovic mengatakan bahwa tahun ini mereka tengah mengalami naik turun. Kini mereka tak berhasil ke Liga Champions, maka mereka harus terus bergerak dan konsentrasi pada laga selanjutnya berhadapan dengan Empoli.

“Klasemen sering mengungkapkan yang sebenarnya dan Anda berada di tempat di mana Anda layak berdiri. Kami berada di posisi keempat sebab tim-tim di depan kami lebih baik,” ujar Handanovic.

“Kami sudah menyia-nyiakan kepemimpinan kami di klasemen, sebab kami tidak menyadari seberapa pentingnya 17 laga pertama,” kata Handanovic menambahkan.

Kedudukan Inter sendiri di zona Liga Europa telah dipastikan aman. Mereka hanya perlu mendapatkan urutan keempat dengan Fiorentina yang selisih empat poin di posisi kelima.