‘Selamat Jalan Nicky Hayden’

Pecinta dunia olahraga kembali menerima kabar duka, Juara dunia MotoGP 2006 sekaligus rider Red Bull Honda WorldSBK, Nicky Hayden dinyatakan meninggal dunia oleh Maurizio Bufalini Hospital di Cesena, Italia pada hari Senin waktu setempat. Pernyataan ini juga telah dibenarkan oleh MotoGp.com sebagai ajang kompetisi yang pernah diikuti oleh Hayden semasa berkarir diusia muda.

Seperti yang sudah kalian dengar dari media luas, Hayden mengalami cedera parah pada bagian politrauma di dada dan kepala hingga mengalami kerusakan otak akibat benturan keras dari sebuah mobil yang menabraknya disaat sang pembalap melalukan latihan bersepeda di Ramini, Italia.

Kejadian itu berlangsung sangat cepat dan Hayden sendiri langsung dilarikan kerumah sakit terdekat sebelum ditransfer ke Maurizio Bufalini Hospital dengan menggunakan helikopter. Hayden pun harus dirawat insentif dengan penanganan super canggih, namun Tuhan berkehendak lain. Dimana peningkatan tak ditunjukan oleh Hayden, sampai beberapa hari kedepan Hayden harus berjuang meningkatkan kondisi tubuhnya.

Nama Hayden jelas tak bisa diragukan, semasa karirnya sebagai pembalap. Hayden dijuluki sebagai raja dirt-tracker, flat-tracker dan road-racer dengan menjuarai berbagai kejuaraan dirt track di Amerika Serikat dan merupakan juara dunia termuda AMA Superbike pada tahun 2002, sebelum bergabung dengan Repsol Honda di MotoGP 2003.

Sempat merasakan gelar dunia pada musim 2006, Hayden lantas mencari suasana baru dengan bergabung Ducati pada musim 2009 dan membela pabrikan asal Italia tersebut selama lima musim ke depan. Berlanjut kembali ke Honda pada tahun 2014 di dalam naungan Aspar Team, sampai pada akhirnya dia hijrah ke WorldSBK pada tahun 2016.

Kehilangan pembalap bertelenta seperti Hayden merupakan pukulan berat bagi semua pihak termasuk fans beratnya Hayden. Kami dari tim redaksi mengucapkan “Selamat Jalan Hayden semoga Kau tenang disana”.