Sejarah Datang, Lima Klub Premier League Lanjut ke Babak 16 Besar Liga Champions

Fase grup Liga Champions 2017/18 telah berakhir. Menariknya disini ketika melihat hasil yang ada, dimana untuk pertama kalinya ada lima klub Liga Primer Inggris yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Kepastian ini menandakan bahwa ada perubahan sejak musim 2003/04 terjadi. Jika merujuk pada lima klub tersebut adalah Manchester United, Chelsea, Liverpool, Manchester City dan Tottenham Hotspurs.

Manchester United yang tergabung bersama Grup A berhasil keluar sebagai pemuncak klasemen dengan mengumpulkan 15 poin. Di laga terakhir, pasukan Jose Mourinho mengalahkan CSKA Moscow dengan skor 2-1 di Old Trafford, Manchester.

Klub kedua adalah Chelsea, berharap menang dilaga pamungkas, mereka hanya mampu bermain imbang 1-1 kontra Atletico Madrid di Stamford Bridge, London. Dengan raihan satu angka tersebut, Chelsea harus rela melangkah ke babak 16 besar Liga Champions sebagai runner up dibawah AS Roma yang keluar sebagai juara grup.

Klub ketiga adalah Liverpool yang terus menunjukan perkembangan sukses keluar sebagai juara grup E usai menenggelamkan Spartak Moscow dengan skor 7-0. Mereka mengumpulkan 12 poin, berjarak empat poin dari Sevilla di peringkat dua.

Berlanjut ke tim keempat, dimana calon kuat juara Liga Champions, Manchester City menutup laga pamungkas Liga Champions dengan kekalahan tipis 2-1 atas Shakhtar Donetsk. Meski begitu, mereka tetap menjadi juara Grup F dengan mengumpulkan 15 poin.

Dan yang terakhir terlihat pada Tottenham Hotspur yang juga melangkah sebagai juara grup di Grup H dengan poin 16. Mereka mengungguli Real Madrid yang hanya berjarak tiga poin, prestasi ini juga menjadi yang pertama bagi Spurs dengan keluar sebagai juara grup.

Masuk di babak knockout, jelas menjadi ajang pembuktian kebesaran nama-nama klub Inggris. Apakah mereka mampu mempertahankan ritme kemenangan demi kemenangan hingga mencapai babak akhir, atau hanya menjadi penghias daftar 16 besar Liga Champions.

Disini akan sangat menarik, pasalnya klub Inggris tercatat sudah lama tak keluar sebagai juara Liga terbaik dan elite sepenjuru Eropa tersebut.