Santiago Bernabeu Yang Jadi Angker Untuk Real Madrid Sendiri

Santiago BernabeuReal Madrid hanya mampu meraih hasil imbang 2 – 2 atas Numancia di Santiago Bernabeu. Hasil itu semakin menandakan markas mereka sudah tidak lagi menakutkan untuk lawan.

Madrid bisa dua kali unggul melalui dua gol Lucas Vazquez ketika menjamu Numancia di putaran kedua babak 16 besar Copa del Rey, Kamis (11 Januari 2018) dinihari WIB. Namun, pada akhirnya keunggulan Los Blancos bisa disamakan oleh sepasang gol Guillermo Fernandez.

Walaupun bermain imbang, Real Madrid tetap berhak memperoleh satu tiket ke babak 8 besar Copa del Rey. Mereka mengantongi agregat 5 – 2 setelah menang 3 gol tanpa balas di putaran pertama tengah pekan lalu.

Namun ada satu persoalan besar mereka rasakan atas hasil imbang ini. Yaitu terkait Santiago Bernabeu, yang sudah tidak lagi ‘angker’ untuk tim-tim lawan.

Bahkan yang secara kelas, jauh dibawah mereka seperti Fuenlabrada dari Divisi Segunda B dan Numancia dari Divisi Segunda bisa menahan imbang Los Blancos dengan skor 2 – 2 di sana, pada laga Copa del Rey. Memang pada akhirnya keduanya tersingkir secara agregat, namun tetap saja hasil tersebut mencoreng wajah Real Madrid dan Bernabeu.

Terlepas dari catatan bahwa Zinedine Zidane tidak menurunkan squad utama, tapi ada aspek lain yang juga dipertanyakan. Bahwa stadion kebanggaan mereka ini tidak bisa memberikan energi tambahan untuk para pemain, ditambah lagi mereka sudah dalam posisi unggul dalam dua pertandingan kontra tim level rendah tersebut.

Sepanjang musim ini Valencia, Levante, dan Tottenham Hotspur juga tidak bisa dikalahkan oleh Real Madrid saat bertandang ke Santiago Bernabeu. Sementara Real Betis bisa menang 1-0 dan yang paling diingat adalah Barcelona menggilas Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan itu dengan skor telak 3-0 di sana.

Secara keseluruhan, Real Madrid sudah gagal menang di Santiago Bernabeu sebanyak tujuh kali dari 15 pertandingan di seluruh ajang kompetitif, dengan lima kali imbang dan dua kekalahan. El Real sudah kebobolan sebanyak 16 kali dan mencetak gol 31 kali dalam kurun waktu tersebut.

Performa Real Madrid musim ini tentu saja dipertanyakan oleh para suporter, terutama karena mereka ketinggalan 16 poin dari Barcelona di La Liga. Maka bisa dibilang tampil di Santiago Bernabeu saat ini tidak lagi memberikan nuansa angker untuk lawan, namun justru untuk Madrid sendiri.