Salah Terpilih Sebagai Pemain Terbaik Afrika 2017

mohamed salahBintang milik Liverpool baru saja terpilih sebagai African Footballer of the Year atau Pemain Terbaik Afrika tahun 2017 oleh BBC.

Gelar tersebut memang dilangsungkan setiap tahun oleh BBC. Pemenangnya terpilih lewat jalur voting yang dilakukan melalui SMS atau online.

Sebelum ini Salah bertarung dengan empat calon lain yakni penyerang Borussia Dortmund asal Gabon Pierre Emerick-Aubameyang, gelandang RB Leipzig asal Guinea Naby Keita, pemain Chelsea asal Nigeria Victor Moses dan rekan satu timnya kelahiran Senegal, Sadio Mane.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh pelatih Si merah, Jurgen Klopp. Acara penyerahan penghargaan berlangsung di kamp latihan Liverpool di Melwood.

“Saya merasa sangat bangga bisa memenangi gelar ini, sebuah pengakuan istimewa untuk saya,” ujarnya pada BBC.

“Saya mau berterima kasih kepada semua elemen, rekan setim dan semua yang bekerja bersama sama. Saya merasa bahagia di klub ini, saya telah mengawalinya dengan baik. Pelatih juga sudah membantu saya dalam proses adaptasi,” tutur Salah.

Pesepakbola berdarah Mesir itu tak lupa berterima kasih pada bekas klubnya, AS Roma. Salah pergi dari raksasa Italia di bursa transfer musim panas lalu.

“Musim lalu saya melakukan perjalanan yang luar biasa bersama AS Roma, maka saya juga harus berterima kasih kepada mereka serta rekan tim saya di tim nasional,” seru Salah.

“Mereka yang beradadi sekitar saya sunggu profesional dan saya gembira bersama mereka. Saya pun ingin memenanginya lagi tahun depan!”

Salah memang bermain istimewa sepanjang tahun 2017. Dirinya berhasil membawa Mesir loloske Piala Dunia 2018. Tiket ke Rusia tersebut diraih usai dirinya membukukan sepasang gol ketika menundukkan Kongo dengan skor 2-1 Oktober lalu. Ini merupakan keberhasilan pertama The Pharaoh lolos melaju ke putaran final Puala Dunia sejak 1990 silam.

Sedangkan saat bersama Il Giallorossi, Salah menuumbang 15 plus11 assist dan membantu timnya finis sebagai runner up Serie A musim lalu. Sedangkan ketika berseragam Liverpool, ia menceploskan 12 gol dalam 16 laga EPL.