Ronaldo: Era Saya dan Messi Belum Berakhir

Cristiano RonaldoPersaingan antara Cristiano Ronaldo dengan Lionel Messi layaknya Real Madrid dan Barcelona sudah menjadi perbincangan hangat selama sekitar 10 tahun terakhir. Ronaldo mengatakan hal itu masih akan terjadi untuk beberapa tahun ke depan.

Ronaldo baru saja menyabet penghargaan sebagai pesepakbola terbaik dunia 2017 oleh FIFA, Selasa (24 Oktober 2017) dini hari WIB. Ronaldo mengalahkan penyerang Barcelona Lionel Messi dan penyerang Paris Saint-Germain, Neymar Jr.

Keberhasilan itu tentu mengukuhkan posisi Ronaldo sebagai rival berat Lionel Messi. Keduanya memang bersaing ketat: sama-sama pencetak gol terbanyak di klub dan tim nasional masing-masing, saling mencatatkan rekor, juga memenangkan penghargaan demi penghargaan.

Ronaldo dan Messi juga sekarang sudah sama-sama memenangkan lima gelar pemain terbaik, jika termasuk menghitung periode di mana gelar Pemain Terbaik Dunia versi FIFA dan France Football (Ballon d’Or) masih gabung. Messi jadi juara di tahun 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015, sementara Ronaldo sukses di 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017).

Tapi persaingan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi diyakini tidak kan berlangsung lama lagi. Ronaldo sudah 32 tahun dan Messi kini 30 tahun. Di saat keduanya menua, ada talenta-talenta muda seperti Neymar, Paulo Dybala, atau Kylian Mbappe yang siap merebut tahta pemain terbaik dunia.

Cristiano Ronaldo sendiri kembali meredam pembicaraan tentang rivalitas pribadi dengan Lionel Messi. Namun di sisi lain, mantan penyerang Manchester United tersebut juga mengatakan bahwa eranya dengan Messi masih jauh dari kata berakhir.

“Saya tidak bersaing secara pribadi dengan Leo (Lionel Messi). Dia adalah pemain yang berada di era yang sama dengan saya. Dia punya lima piala, saya juga punya lima piala, penghargaan individual untuk pemain terbaik di dunia,” ungkap Cristiano Ronaldo.

“Tentu saja saya merasa bahagia karena seperti yang saya katakan sebelumnya, saya berada di klub terbaik di dunia. Saya punya kesempatan untuk menunjukkan jika saya sedang berada di level tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Dan kondisi fisik saya juga masih sangat bagus.”

“Jadi saya sangat tenang. Lihat saja apa yang akan terjadi di masa depan, tapi untuk saat ini saya harus menikmati dulu saat-saat terindah dalam hidup ini sebab anda tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Ini jauh dari kata berakhir berakhir, ini bahkan baru dimulai,” Cristiano Ronaldo menegaskan.