Roberto Mancini Unggul Teratas Soal Calon Pelatih Baru Timnas Italia

Begitu banyak yang memprediksikan jika Carlo Ancelotti akan kembali ke tanah kelahirannya sebagai pelatih timnas Italia, kini semua itu berbanding terbalik ketika Roberto Mancini muncul sebagai favorit untuk menggantikan Giampiero Ventura.

Kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia untuk pertama kalinya sejak 1958, setelah mereka kalah agregat 0-1 di play-off melawan Swedia adalah bencana yang luar biasa. Bukan hanya rugi dari segi mental, namun Italia juga rugi dari segi finansial.

Kini semua itu masih menjadi perbincangan hangat karena tak kunjung menimbulkan kejelasan apakah akan datang pelatih baru atau tetap memperkerjakan Ventura disektor kepalatihan timnas Italia.

Dengan mempertegaskan Ventura dan presiden FIGC, Carlo Tavecchio menolak untuk mengundurkan diri. Namun semua itu hanya isapan jempol saja, dan pada akhirnya penentuan akan datang seiring berjalannya waktu. Adapun Ancelotti diperkirakan oleh banyak orang sebagai kandidat ideal karena pengalaman internasionalnya dan juga kemampuannya meracik tim dengan berbagai sistem.

Terlebih lagi Ancelotti saat ini masih dalam proses menyendiri usai didepak dari kursi kepelatih Bayern Munchen. Akan tetapi, keinginan banyak orang tersebut akan terasa hampa karena Ancelotti sendiri belum pernah menunjukan ketertarikan untuk melatih tim nasional.

Dan kabar yang menyebutkan hal itu telah memunculkan spekulasi baru dengan munculnya nama Roberto Mancini, yang kini tengah menjadi pelatih Zenit St Petersburg sebagai calon kuat pelatih masa depan Italia.

Saat ini, Mancini masih memiliki sisa kontrak hingga 2020 mendatang. Akan tetapi, dia bisa pergi kapan saja bila Italia siap bekerja sama. Bukan hanya Mancini, nama lain juga hadir macam Antonio Conte dan juga pelatih tim Italia U-21, Luigi Di Biagio.