Robert Lewandowski Serang Filosofi Klubnya, Bayern Siap Menjualnya

Robert Lewandowski Bayern Munich, Robert Lewandowski, Bayern Munich, Bundesliga, Liga jerman, Robert Lewandowski attack Bayern Munich
Robert Lewandowski – Bayern Munich

 

Belum lama ini dikabarkan bahwa Robert Lewandowski telah “menyerang” klub yang dibelanya sejak tiga musim lalu. Hal ini membuat manajemen Bayern Munich, sangat siap untuk menjualnya dalam waktu dekat.

Hal tersebut sejalan dengan keinginan dari mantan Bayern Munich, Stefan Effenberg, yang percaya bahwa striker asal Polandia tersebut harus pindah klub jika dia tidak senang dengan filosofi klub dalam hal kebijakan transfer pemain.

Memang dalam lima musim terakhri, Bayern selalu unggul dalam kompetisi sepak bola tertinggi di Jerman, Bundesliga, namun mereka tak mampu meraih gelar juara Liga Champions sejak empat tahun lalu, setelah kedatangannya. Di musim lalu, mereka bahkan tersingkir dari Liga Champions di perempat final ditaklukan Real Madrid.

Lewandowski melihat klub besar seperti Paris Saint-Germain yang menghabiskan banyak uang dalam mengejar satu-dua orang pemain, sementara rival mereka di Liga Primer dan Serie A, juga telah melakukan investasi besar-besaran di berbagai sektor.

Ia pun mengungkapkan pendapatnya tentang proyek Bayern dan mempertanyakan aktifitas belanja pemain yang minim kepada media Jerman, Spiegel, “Bayern harus tampil dengan sesuatu yang baru dan menjadi kreatif, jika klub ingin terus memikat pemain kelas dunia ke Munich. Dan jika Anda ingin mengikuti level tertinggi, Anda membutuhkan kualitas pemain ini. ”

Legenda klub Effenberg berpendapat bahwa orang-orang di Allianz Arena lebih menyukai pendekatan yang tepat, karena mereka mencari bakat yang tumbuh di rumah, dan meminta klub untuk memindahkan orang-orang yang menolak untuk membeli filosofi itu – bahkan Jika itu berarti perpisahan dengan striker yang terjaring 116 kali hanya dalam 152 penampilan.

Effenberg menulis dalam kolom untuk t-online.de:  “Di satu sisi, dia menyerang filosofi klub. Uli Hoeness [presiden klub Bayern] sudah mengatakan beberapa kali bahwa mereka tidak akan menghabiskan total uang sebesar 100 euro juta atau 150 juta euro. Dia juga [secara tak sadar] menyerang rekan-rekannya, yang menurutnya seperti tidak memiliki kualitas untuk memenangkan apa yang dia inginkan: Liga Champions.”

Ia menambahkan, “Saya memang mengatakan beberapa minggu yang lalu bahwa Bayern berada dalam bahaya kehilangan sentuhannya seperi PSG dan Barcelona jika mereka tidak bersedia membayar jumlah ini. Namun, Lewandowski adalah seorang pemain – dalam peran ini, dia seharusnya tidak mengungkapkan pernyataan seperti itu secara terbuka. Selain itu, keputusan Uli Hoeness sekarang tak terbantahkan dan kualitas timnya tetap tinggi meski belanja ‘rendah’. ”

Effenberg melanjutkan: “Setelah pusat pengembangan baru selesai, saya melihat hari ini ada sebuah potensi besar dalam strategi yang sama sekali berbeda yaitu FC Bayern Germany. Kami memiliki begitu banyak pemain kelas dunia potensial yang berbakat di Jerman – bukan 15 tapi 30 sampai 40! Mereka telah memenangkan Piala Dunia, Piala Konfederasi dan Kejuaraan U-21 Eropa. ”

“Ini justru kebalikan dari tuntutan Lewandowski. € 100m, € 150m atau € 200m untuk superstar internasional? Untuk jumlah ini Anda mendapatkan lima atau enam pemain di Jerman. Bayern sudah memiliki [Manuel] Neuer, [Mats] Hummels, [Jerome] Boateng, [Joshua] Kimmich, [Sebastian] Rudy, [Niklas] Sule, dan tentu saja Thomas Muller. Mengapa tidak mengasah mereka ? Bagi Timo Werner, [penyerang dari RB Leipzig]  ini akan menjadi langkah logis berikutnya untuk beralih ke Bayern. Saya tidak dapat membayangkan bahwa dia akan mengatakan ‘Saya pergi ke luar negeri’ atau ‘Saya tinggal di Leipzig’ jika mereka datang untuk menelepon.”

“[Leon] Goretzka dan [Emre] Bisakah untuk lini tengah, [Jonas] Hector untuk sayap kiri, [Julian] Brandt, [Benjamin] Henrichs, [Kai] Havertz, [Kerem] Demirbay, [Amin] Younes dan [Max ] Arnold, Anda bisa menghabiskan sekitar € 150m dan memiliki tim yang tahu bagaimana cara berdiri bersama. Itulah sebabnya mereka akan sukses di Eropa.”

“Jika Bayern ingin memilih strategi ini, mereka harus sepenuhnya berkomitmen. Mereka harus memisahkan diri secara konsisten dari pemain top asing di tahun-tahun mendatang, termasuk Lewandowski. Dia bisa pergi ke Paris, di mana jumlah yang sangat besar dibayar, atau Barcelona. Lalu dia memiliki klub yang melakukan apa yang dia inginkan. “.

Tentu dengan kondisi yang terjadi sekarang, belum bisa dipastikan apakah dirinya akan tetap tinggal di Bayern dalam waktu lama, meskipun ia meminta maaf kepada klub melalui media massa.