Ricardo Kaka Akhirnya Resmi Gantung Sepatu

Bintang bola atau legenda dari Italia serta AC Milan, Ricardo Kaka, mengungkapkan jika dia akan resmi gantung sepatu dari dunia bola yang sudah menjadikan namanya populer.

Ricardo Kaka merilis berita jika dia akhirnya resmi pensiun lewat Twitter-nya dan mengungkapkan jika dia akan segera melanjutkan hidupnya ke bagian lain setelah usai menjalankan kontraknya bersama Orlando City.

Di hari Minggu (17/12), Kaka kemudian menuliskan ucapan selamat tinggal untuk dunia bola pada akun Twitter dan Instagramnya.

“Bapa, semua ini sudah lebid dari yang saya pikirkan, terima kasih, saya saat ini akan melaksanakan pilihan lainnya, dalam nama Yesus, amin,” tulis mantan pemain AC Milan ini.

Pria berumur 35 tahun itu memiliki karir yang baik selama tahun 2001 hingga 2017, dirinya juga menang dalam Piala Dunia dengan timnas Brasil, Serie A dan Liga Champions bersama Milan. Selain itu, dia juga menang pada Ballon d’Or di tahun 2007.

Pemain ini memulai karirnya bersama klub Brasil, Sao Paulo, sebelum gabung ke AC Milan di tahun 2003. Di sana, dirinya merupakan salah satu pemain terbaik di dunia dan menolong Rossoneri mendapatkan gelar Serie A di tahun 2003-2004, bermain di babak final Liga Champions 2004-05 dan memperoleh gelar kompetisi antar klub paling elit Eropa itu di musim 2006-07.

Dia lalu menolak penawaran dari Manchester City senilai 100 juta poundsterling (1,81 triliun rupiah), dan akhirnya bermain untuk Real Madrid. Tapi, dirinya tidak memperoleh keberhasilan yang sama dengan yang dia dapatkan di Milan, walau dapat memperoleh gelar La Liga bersama pada musim 2011-12.

Setelah gabung lagi ke Milan di musim 2013-14, Kaka akhirnya berlabuh dengan klub MLS, Orlando City dan bermain di sama, walau di tahun 2014 sempat menjadi pemain pinjaman ke Sao Paolo. Ricardo Kaka bermain untuk Orlando City di musim 2015, dan ia terus menjadi pemain klub ini dalam tiga tahun belakangan ini.