Rekor Casillas Di Eropa Kini Sama Dengan Buffon

Laga uji coba internasional yang mempertemukan antara Italia melawan Jerman di San Siro yang berakhir dengan skor kaca mata telah menandai sebuah catatan istimewa bagi kiper Gli Azzurri Gianluigi Buffon. Tampil sebagai pemain inti, telah menandakan Buffon sebagai kiper dunia yang sudah mencatatkan caps nya sebanyak 167 dan pencapaian ini menyamai rekor yang sebelumnya di kuasai oleh kiper FC Porto, Iker Casillas.

Rekor Casillas Di Eropa Kini Sama Dengan Buffon

Buffon, 38 tahun kini muncul sebagai kiper Eropa yang berhasil mencatatkan rekor yang sama dengan Casillas dalam kurun waktu yang cukup panjang. Adapun karir Buffon di level internasional di mulai sejak 1997 dan hingga kini catatan itu sudah mencapai 167 bersama timnas Italia.

Sedangkan rival Buffon, Casillas membukukan jumlah penampilan yang sama dengan tim senior Spanyol sejak tahun 2000 lalu. Namun bisa kita lihat ketika performa Casillas menurun dalam dua musim terakhir, dimana dia harus merelakan posisi kiper utama Tim Matador jatuh ke tangan kiper Manchester United, David De Gea.

Berikut kami hadirkan data lengkap dari 12 pemain Eropa yang sudah mencatatkan caps di pentas Internasional:

(167) Gianluigi Buffon (Italia)
(167) Iker Casillas (Spanyol)
(166) Vitalijs Astafjevs (Latvia)
(156) Martin Reim (Estonia)
(150) Lothar Matthaus (Jerman Barat)
(146) Robbie Keane (Republik Irlandia)
(144) Anatoliy Tymoshchuk (Ukraina)
(143) Anders Svensson (Swedia)
(143) Thomas Ravelli (Swedia)
(142) Lilian Thuram (Prancis)
(142) Marko Kristal (Estonia)
(140) Sergio Ramos (Spanyol)

Di benua Eropa, rekor caps terbanyak kini dipegang oleh dua kiper legendaris, Buffon dan Casillas. Sedangkan di level dunia, rekor nya untuk international caps terbanyak masih tercatat atas nama Ahmed Hassan, yang memainkan 184 pertandingan internasional untuk Mesir selama periode 1995-2012.

Di lain sisi, rekor Eropa diprediksi akan menjadi milik Buffon. Mengingat kiper Juventus itu masih menjadi andalan timnas Italia dalam setiap kejuaraan Internasional, sementara itu Casillas sudah menjadi kiper lapis kedua Spanyol setelah David De Gea.