Pulisic Harus Berjuang Keras Menghadapi Kualitas Rekannya Yang Semakin Apik

 

Christian Pulisic Borussia Dortmund, Christian Pulisic, Borussia Dortmund, Bundeliga, Liga Jerman
Christian Pulisic Borussia Dortmund

Christian Pulisic memiliki minggu yang luar biasa dengan menjadi nominasi disebuah Award, merayakan ulang tahun, dan menjebol gawang lawan, namun permainannya yang apik juga disamakan atau dimainkan lebih baik oleh rekan-rekannya..

Memang pemuda yang baru menginjak usia 19 tahun pada pekan lalu, Ia pun menjadi salah satu nama dalam daftar pendek Tuttosport untuk meraih peluang mendapatkan penghargaan Golden Boy,  yang diberikan kepada pemain terbaik Eropa berusia di bawah 21 tahun, pada keesokan harinya. Sehari setelahnya, ia berhasil mencatatkan gol keduanya di musim ini di kompetisi Bundesliga, yang merupakan gol ke-3.000 klubnya, saat meraih kemenangan dengan skor 3-0 atas Hamburg. Dua hari setelahnya, pelatih utamanya di klub, yaitu Peter Bosz, meyakini dan percaya bahwa Pulisic seharusnya akan memenangkan pernghargaan Golden Boy. Dan pada hari Sabtu kemarin, ia juga berperan aktif dalam kemenangan Dortmund 6-1 dari Borussia Mönchengladbach. Walaupun tak menghasilkan angka ataupun asist.

Melihat catatan tersebut dan itu, dan melihat Pulisic telah menjadi starter tim kecuali satu laga dari kompetisi Bundesliga musim ini, mungkin sebagian besar menganggap bahwa dia pada dasarnya akan mengokohkan satu tempat di tim utama. Namun bisa saja itu akan meleset.

Pasalnya pada hari Sabtu kemarin, Maximilian Philipp, yang menjadi starter di sayap kiri,telah  mencetak dua gol dan menambah sebuah assist dalam kemenangan timnya. Ini adalah pertandingan keduanya Ia mencetak dua gol, diamana ia melewatkan golnya dipertandingan sebelumnya saat menghadapi Hamburger SV.

Sementara itu, Yarmolenko juga telah menjadi salah satu jimat bagi Dortmund sejak Ia dibeli Dortmund menjelang batas waktu transfer akan ditutup, sebagai pengganti Ousmane Dembele. Bisa dibilang dialebih baik dibandingkan Dembele, degnan menambahkan assist dalam permainan Bundesliga dan mencetak gol yang mengesankan di Liga Champions hanya dalam tiga kesempatan.

“Kami memiliki banyak pemain bagus sehingga kami tahu bahwa siapa pun yang akan diturunkan di lapangan, akan melakukan pekerjaan dengan baik dan itulah yang terjadi saat ini,” kata Pulisic dalam kutipan yang dipublikasikan di situs resmi Bundesliga. “Kami merasa sangat baik saat ini. Kami yakin dan kami akan mengatasinya dari sana.”.

Dortmund memiliki tiga pemain untuk dua tempat dan ketiganya yang telah bermain bagus. Sepertinya tidak mungkin untuk duduk di Phillip, mengingat penampilannya belum lama ini. Namun Pulisic dan Yarmolenko juga tidak pantas duduk dibangku cadangan.

Sepertinya rotasi tidak bisa dihindari sampai performa salah satu pemain tersebut turun,  jadi tidak mengherankan jika akan melihat Pulisic minggu ini, namun saat menghadpi pertandingan Liga Champions melawan Real Madrid atau di Bundesliga  melawan Augsburg di putaran berikutnya, Ia tak diturunkan.

Namun jika dilihat dari sisi positifnya, Pulisic tak mungkin utnuk mengabaikan kualitas di sekelilingnya dan merasa puas. Dia juga memiliki pelatih yang jelas menilai dia, dan “mentalitas” untuk sukses, seperti yang Bosz katakan pada hari Jumat lalu. Dan ini bukan pertama kalinya Pulisic harus bertarung memperebutkan tempat di Dortmund, namun ia harus berjuang untuk mapan.