Profil Pemain Sepakbola – Paul Pogba

paul pogba - manchester united

Paul Labile Pogba (15 Maret 1993), pesepakbola asal Prancis yang sekarang berkiprah di salah satu klub Inggris Manchester United. Dia berposisi asli sebagai gelandang dengan andil yang terbilang oke dalam hal ofensif dan defensif.

Nama Lengkap:Paul Labile Pogba
Tempat Lahir:Lagny-sur-Marne, Prancis
Tanggal Lahir:15 Maret 1993 (24 Tahun)
Kebangsaan:Prancis
Klub:Manchester United
Posisi:Gelandang
No Punggung:6
Tinggi:191 cm

Karir
2011 – 2012 : Manchester United
2012 – 2016 : Juventus
2016 – : Manchester United

 

Paul Pogba mulai bermain bola sedari tahun 1999. Ketika itu ia masih berumur 6 tahun dan tampil dengan salah satu klub lokal yakni Roissy-en-Brie. Dia menjalani kariernya selama 6 tahun di klub junior klub itu.

Ketika berusia 12 tahun, ia pindah ke tim junior Torcy FC. Tapi ia cuma bermain selama semusim dalam klub itu. Pogba kemudian melanjutkan kariernya di Le Havre FC, dengan menghabiskan 2 musim di sana.

Dalam musim keduanya bersama Le Havre, dia mengemban tugas kapten tim U-16 Havre dan berhasil mengantarkan timnya lolos ke putaran final liga domestik. Dia juga berhasil mengantarkan Le Havre menempati posisi runner-up di bawah Lens. Penampilan okenya membantu Le Havre menjadi tim deretan atas – tim elit layaknya Lyon serta Nancy. Berkat performanya yang oke, dia pun diincar oleh banyak klub.

Pogba lantas bergabung dengan akademi sepakbola Manchechester United di tahun 2009 dan sempat tampil dengan Man Utd di usia 17 tahun. Namun saat itu dia hanya mendapat kans 3 kali tampil. Usai merasa kurang peningkatan bersama The Red Devils, Pogba lantas memutuskan untuk hengkang ke klub Italia Serie A, yakni Juventus FC.

Sedari bermain dengan Juve, Pogba bisa mengasah kemampuannya dan berhasil menjadi salah satu pemain andalan Juventus. Bersama klub Italia itu, Pogba menjadikan pemainan Bianconeri lebih cemerlang. Kualitasnya sebagai gelandang dengan skillnya mengontrol bola sering menyulitkan pemain lawan.

Berkat penampilannya yang kian oke. Normal saja kalau Paul Pogba kembali diminati oleh banyak klub-klub besar Eropa. Termasuk bekas klubnya, Manchester United, serta pesaing sekotanya, Manchester City, yang serius untuk mendatangkannya di bursa transfer 2016/2017.

Di akhirnya, Paul Pogba memutuskan untuk kembali ke mantan klubnya itu. Selain itu, ia pun berhasil memecahkan rekor sebagai pemain termahal dunia.

Sedangkan kariernya di timnas Prancis, dia sudah memulainya sedari berusia 16 tahun dengan membela timnas U-16. Dalam periodenya itu, Pogba diangkat sebagai kapten tim dan berhasil mengantarkan Prancis memuncaki turnamen Tournoi du Val-de-Marne serta Piala Aegea.

Pogba kemudian menjalani penampilan debutnya bersama Timnas senior Perancis di 22 Maret 2013 dalam pertandingan yang berakhir kemenangan Prancis 3-1 kontra Georgia.