Profil Pemain Sepakbola – Gianluigi Buffon

gianluigi buffon - juventus

Gianluigi Buffon, berkelahiran di Carrara, Italia, pada tanggal 28 Januari 1978. Pesepakbola asal Italia ini bermain di posisi kiper.

Nama Lengkap: Gianluigi Buffon
Tempat Lahir: Carrara, Italia
Tanggal Lahir: 28 Januari 1978 (39 Tahun)
Kebangsaan: Italia
Klub: Juventus
Posisi: Kiper
No Punggung: 1
Tinggi: 191 cm

Karir
1995 – 2001 : Parma
2001 – : Juventus

Ketika baru berusia 17 tahun, Buffon sudah menjalani debut di Liga Italia Serie A dengan Parma A.C. saat melakoni pertandingan kontra AC Milan di tanggal 19 November 1995, yang dituntaskan dengan hasil akhir imbang 0-0. Di musim keempatnya berseragam Parma, Buffon menjadi bagian dalam sukses timnya menjuarai Piala EUFA.

Di tahun 2001, Buffon memutuskan untuk hengkang ke Juventus dengan biaya transfer yang saat itu memecahkan rekor transfer sebagai kiper terhamal dunia, tepatnya dengan label harga sebesar 52 juta Euro. Buffon sendiri nyaris saja berkiprah dengan AS Roma di waktu itu, namun di akhirnya pihak klub Roma memutuskan untuk merekrut kiper Atalanta B.C, Ivan Pelizzoli.

Di musim pertamanya bersama Juve, Buffon selalu jadi kiper andalan Bianconeri dan selalu bermain konsisten di 45 laga kompetetif sepanjang musim. Performanya yang oke pun membantu kesuksesan timmnya menjuarai Serie A. Selain itu, ia juga ambil bagian dalam keberhasilan timnya melaju ke partai final Liga Champions 2002/2003, namun akhirnya mereka ditandaskan oleh AC Milan selaku finalis lainnya lewat adu penalti.

Berkat prestasinya yang cemerlang, di tahun 2003, Buffon lantas terpilih sebagai UEFA Most Valuable Player [17] serta titel sebagai Kiper Terbaik Dunia.

Namun dikarenakan skandal Calciopoli yang melibatkan Juventus, Buffon pun gencar dikabarkan memilih hengkang pada saat itu. Buffon di akhirnya memilih untuk bertahan meskipun dilaporkan sempat bernegosiasi dengan AC Milan.

Sedangkan dalam karier internasionalnya, Buffon menjalani debutnya bersama timnas Italia saat berusia 19 tahun. Pada waktu itu dia masih sebagai pemain pelapis dari Gianluca Pagliuca saat melakoni laga play-off kontra Rusia tepatnya dalam babak kualifikasi Piala Dunia 1998. Dalam Piala Dunia 2006 bersama Italia, kiper terbaik dunia itu mampu membukukan 5 kali clean sheet dengan 453 menit bermain dan tak pernah kecolongan gol sekalipun.