Profil Pemain Sepak Bola – Neymar

Neymar da Silva Santos Junior ataupun akrab disapa Neymar, adalah pesepakbola berkebangsaan Brasil yang kini membela salah satu klub Spanyol, Barcelona. Dia cenderung dimainkan sebagai penyerang ataupun pemain sayap.

Tempat Lahir: Mogi das Cruzes, Brasil
Tanggal Lahir: 05 Februari 1992 (25 Tahun)
Kebangsaan: Brasil
Klub: Barcelona
Posisi: Penyerang
No Punggung: 11
Tinggi: 175 cm

Karir
2009 – 2013 : Santos
2013 – : Barcelona

Awal kedatangan Neymar di Barcelona yakni pada 3 Juni 2013 silam. Sebelumnya, Neymar memulai karier pesepakbolanya bersama klub junior Portuguesa Santista. Pada tahun 2003, putra dari mantan pesepakbola Neymar da Silva Sr ini akhirnya pindah ke akademi Santos.

Dalam periode itu, dia menghabiskan 5 musim di klub senior Santos. Dia telah melakukan debut sebagai pesepakbola profesional disaat masih menginjak 17 tahun, tepatnya ketika bertanding melawan Oeste dan dimainkan sebagai pemain pengganti di 30 menit terakhir, pada 7 Maret 2009 silam. Seminggu kemudian, Neymar berhasil mencetak gol perdana ketika menghadapi Mogi Mirim. Dari total torehan di debutnya itu, Neymar bisa menciptakan total 14 gol dari 48 pertandingan bersama Santos.

Berkat performanya yang cemerlang, Neymar lantas meraih penghargaan Player of the Tournament dan juga menjadi top skorer usai menciptakan 11 gol di turnamen Brasilian Cup. Di 5 Februari 2012, walaupun Neymar baru menginjak 20 tahun namun dia sudah berhasil membukukan gol ke-100 di sepanjang kariernya sebagai pemain profesional kala memainkan pertandingan melawan Palmeiran di kompetisi Cameonato Paulista.

Di 7 Agustus 2013, striker andalan Brasil ini bisa mencetak gol pertamanya usai memutuskan berkiprah dengan Barcelona, tepatnya saat memainkan pertandingan persahabatan melawan Timnas Bangkok.

Sedangkan dalam karier Internasionalnya, Neymar mengawalinya dengan membela timnas Brasil U-17 di Piala Dunia 2009 untuk U-17. Sedari penampilannya itu, ia pun dipanggil untuk membela timnas U-20, U-23, hingga akhirnya di timans senior.