Profil Pemain Lengkap – Cristiano Ronaldo

Cristianno Ronaldo bekelahiran di Funchal, Madeira, Portugal di 5 Februari 1985. Pesepakbola dengan nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro itu menyandang rekor sebagai pemain paling mahal dunia saat direkrut oleh Real Madrid dari Manchester United di bursa trasnfer musim panas 2009 dengan biaya transfer sebesar 132 juta dolar ataupun sekitar Rp 1,3 triliun.

Nama Lengkap : Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro (CR7)
Tempat Lahir    : Funchal, Madeira, Portugal
Tanggal Lahir    : 05 Februari 1985 (32 Tahun)
Kebangsaan      : Portugal
Klub                    : Real Madrid
Posisi                  : Striker
No Punggung    : 7
Tinggi                  : 186 cm

Karir
2002 – 2003 : Sporting Lisbon
2003 – 2009 : Manchester United
2009 –          : Real Madrid

Nama Ronaldo mulai dikenal publik saat berkiprah dengan Manchester United di 2003 silam usai direkrut dari klub profesional perdaananya di Portugal, Sporting Lisbon. Saat itu, Man Utd membawa pulagn Ronaldo ke Old Trafford dengan biaya transfer sebesar 12,24 juta pounds.

Di bulan November dan Desember2006, Ronaldo beruntun meraih penghargaan selaku pemain terbaik Premier League dan membuatnya jadi pemain ke-3 yang membukukan rekor itu usai sebelumnya ada Dennis bergkamp di tahun 1997 serta Robbie Fowler di tahun 1996.

Ronaldo membukuakn gol ke-50 untuk Manchester United di 5 Mei 2007 tepatnya saat melakoni derby Manchester kontra Manchster City. Di tahun itu pula, The Red Devils sukses membukuakn titel juara Premier League usai sebelumnya 4 tahun tak merasakan juara dan Ronaldo juga meraih penghargan sebagai Pemain Muda Terbaik.

Tahun 2007 merupakan permulaan untuk Ronaldo mencatatkan dirinya sebagai pemain terbaik di Inggris, Eropa serta dunia dengan memenangkan sejumlah penghargaan, termasuk Pemain Terbaik Premiership, Pemain Muda Terbaik, Pemain Terbaik Pilihan berdasarkan voting Pemain Profesional Inggris.

Tepat di 2 Desember 2008, Ronaldo sukses meraih gelar Pemain Terbaik Eropa (kini disebut Ballon d’Or) dan menjadi pemain perdana Manchester United yang memperolehnya usai George Best di tahun 1968.

Sedangkan dalam karier internasionalnya bersama Timnas Portugal, Ronaldo menjalani debutnya saat berhasil menang tipis 1-0 kontra Kazakhstan, 20 Agustus 2003 silam. Ronaldo juga berkontribusi dalam Piala Eropa 2004 dengan menciptakan 2 gol di putaran penyisihan grup serta semifinal. Walaupun gagal mengantarkan Portugal menjuarai kompetisi itu usai ditaklukkan Yunani dalam partai final, Ronaldo tetap meraih penghargaan sebagai tim terbaik kompetisi. Pada Olimpiade 2004, Ronaldo juga ambil bagian dalam skuat timnas Portugal.