Presiden Barcelona Umumkan Pelatih Barunya Hari Ini

Ernesto Valverde Atheltic Bilbao to Barcelona, Ernesto Valverde Atheltic Bilbao, to Barcelona, Ernesto Valverde, Atheltic Bilbao to Barcelona, Ernesto Valverde to Barcelona, Atheltic Bilbao, La liga, Liga Spanyol
Ernesto Valverde To Barcelona

Hari ini Ernesto Valverde diumumkan oleh Presiden Barcelona untuk  menjadi pelatih baru FC Barcelona. Pelatih berusia 53 tahun tersebut merupakan mantan pemain Barca yang sebelumnya adalah pelatih Athletic Club Bilbao. Ia akan mengambil alih kursi kepelatihan musim 2017/18 menggantikan Luis Enriqeue yang tak melanjutkan karirnya di Barcelona

Meskipun demikian, Valverde akan dipresentasikan pada hari Kamis medndatang sebagai pelatih FC Barcelona bersama dengan asistennya Jon Aspiazu dan mantan pemain Barcelona juga Jose Antonio Pozanco sebagai pelatih kebugaran timnya.

Presiden Barcelona FC yaitu  Josep Maria Bartomeu, berkomentar dalam konferensi pers untuk mengumumkan pelatih baru hari ini dan mengatakan “hari ini saya telah berbicara secara pribadi dengan Valverde dan dia bahagia dan gembira dengan tantangan pembinaan Barca.”

Sang presiden menambahkan, “Valverde memiliki kemampuan, pengetahuan dan pengalaman. Dia mempromosikan pemain dari tim muda dan dia memiliki gaya dan cara bekerja seperti kita. Dia memiliki filosofi permainan yang sangat Barcelona sekali dan dia adalah pekerja keras. Selain itu, dia sangat antusias menerapkan teknologi pada latihan dan pertandingan. ”

Ini adalah kedua kalinya Ernesto Valverde membela klub tersebut, yang pertama kali adalah Ia tampil sebagai pemain antara tahun 1988 dan 1990. Pelatih Barca yang baru sempat memenangkan Piala Eropa dan Copa del Rey dalam dua musimnya sebagai bagian dari pasukan Johan Cruyff, dan bermain dalam 29 pertandingan dan mencetak 10 gol dalam kompetisi resmi.

Sebagai pelatih, Valverde memiliki banyak pengalaman di liga domestik dan luar negeri. Dia sempat dua kali melatih Athletic Club Bilbao dan dua kali melatih tim Yunani, Olympiakos. Ia pun sempat melatih Espanyol, Villarreal dan Valencia. Dalam karirnya,  ia telah membantu tim yang diasuhnya tidak kurang dari enam piala, lima dengan Olympiakos dan satu dengan Athletic Club.

Saat terakhir berada di Atheltic Bilbao, Ia tak melanjutkan karirnya bersama klubnya bukan karena Ia dipecat, terutama karena hanya membawa timnya ke Liga Eropa saja, dengan demikian seandainya ia tak berhasil melatih Barcelona, ataupun dikemudian hari Ia ingin kembali membela Bilbao, hal itu akan disambut dengan senang hati oleh klub lamanya.