Premier League Akan Jadi Tujuan Utama Pemain Top Dunia

Premier LeaguePremier League diyakini akan segera menjadi klub yang akan menjadi tujuan utama bagi pemain-pemain sepakbola top dunia. Kekuatan finansial yang dimiliki klub-klub Premier League akan sulit dikalahkan oleh kompetisi-kompetisi dari negara lain.

Premier League sudah banyak ditinggalkan oleh banyak pemain bintangnya dalam beberapa dekade terakhir. Sebut saja pemain-pemain seperti David Beckham dan Ruud van Nistelrooy, hingga ke era Cristiano Ronaldo, Luka Modric, dan Gareth Bale.

Meski gila-gilaan di bursa transfer, Premier League nyatanya belum cukup oke dalam menggoda para pemain terbaik untuk datang. La Liga Spanyol dengan keberadaan Real Madrid dan Barcelona masih menjadi tujuan utama para pemain top, selain itu ada klub-klub top Eropa lain seperti Bayern Munich atau Paris Saint-Germain yang mulai menyusul dalam beberapa tahun terakhir.

Musim panas ini misalnya, PSG berhasil memecahkan rekor dunia dengan memboyong Neymar dari Barcelona. Mereka juga mendatangkan Kylian Mbappe, yang dinilai sebagai salah satu talenta terbaik saat ini. Ada pula bakat lain yang memilih hengkang ke Spanyol seperti Ousmane Dembele.

Meski demikian, diyakini tidak lama lagi para pemain top akan mengalihkan perhatian mereka dari La Liga ke Premier League. Saat ini klub-klub Inggris punya kekuatan finansial yang paling mumpuni di Eropa dan cepat atau lambat, tujuan pemain-pemain top akan bergeser ke sana.

“Saya pikir sekarang adalah fase pertama dari kekuatan finansial yang masif dari klub-klub Premier League terhadap semua rival mereka di Eropa. Pendapatan dari hak siar di Premier League per tahun itu lebih dari dua kali rival-rival mereka di Spanyol, bahkan tiga, empat, lima kali dari Jerman, Prancis, dan Italia,” ungkap eks Managing Director Liverpool, Christian Purslow.

“Yang akan kita lihat di fase berikutnya adalah Premier League akan menjadi tujuan utama bagi pemain-permain terbaik Eropa yang sedang berada di puncak karier mereka,” imbuhn Christian Purslow seperti dikutip Sky Sports.

Sebelumnya para pemain bintang dunia lebih memilih bermain di La Liga karena memberikan keuntungan mengenai tarif pajak. Tapi hal itu sekarang sudah tidak berlaku lagi, sehingga memberikan keuntungan lebih untuk Inggris.