Pogba Raih Penghargaan Pemain Terbaik Liga Europa 2016-2017

paul pogbaBintang muda Manchester United Paul Pogba didapuk sebagai pemain terbaik di kancah Liga Europa untuk musim 2016-17 kemarin.

Pesepakbola internasional Prancis tersebut mendapat gelar pemain terbaik ajang tersebut ketika hadir dalam acara drawing fase grup Liga Europa di Monaco, Jumat (25/08). Penghargaan itu secara langsung diberikan oleh bos UEFA, Aleksander Ceferin.

Pogba sendiri baru berseragam United di musim itu. Meski demikian dia langsung memberikan dampak besar di musim yang sama.

Edisi 2016-2017 lalu di turnamen itu pemain tengah berusia 24 tahun tersebut diturunkan dalam 15 pertandingan oleh Jose Mourinho. Total dirinya sukses mencetak tiga gol (salah satunya di final) ditambah satu assist.

Disamping itu, secara keseluruhan dirinya membuat 22 kans di sepanjang pergelaran turnamen tersebut, paling banyak kedua dalam skuat The Red Devils. Dirinya juga melancarkan 1048 passing.

Yang lebih menarik lagi, disamping Pogba, dua calon lain yang juga masuk nominasi untuk memenangi penghargaan tersebut seluruhnya beradasl dari skuat Setan Merah. Pemain itu ialah Zlatan Ibrahimovic dan Henrikh Mkhitaryan.

Kemenanga eks gelandang Juventus ini ditentukan melalui dewan juri yang beranggotakan para pelatih yang berada di 48 klub yang ikut bermain di fase grup Liga Europa musim 20116-17 lalu. Mereka juga didampingi 55 jurnalis terpilih oleh grup European Sports Media (ESM), yang mewakili setiap negara naungan UEFA.

Dan pemilihan pemain terbaik didapat lewat hasuil voting. Para pelatih dilarang untuk memilih pemain besutannya sendiri.

Para juri itu berhak memilih tiga pemain, yang mana pilihan pertama mendapat lima angka, kedua tiga angka dan ketiga satu angka. Tiga pemain dengan suara perolehan voting terbanyak akhirnya terpilih untuk dinominasikan meraih penghargaan tersebut.