Piala Dunia U-20 2017 Dimenangkan Inggris

Inggris berhasil keluar sebagai juara pada kompetisi Piala Dunia U-20 2017. Inggris layak kembali dengan membawa trofi usai menangkan laga atas Venezuela dengan skor akhir 1-0 di babak final.

Lewat laga final yang berlangsung pada hari Minggu (11/6/2017) di Suwon World Cup Stadium, Suwon, Korea Selatan, hasil oke yang diraih Inggris ditentukan dengan angka yang diciptakan oleh Dominic Calvert-Lewin. Pemain penyerang Everton tersebut ciptakan angka satu-satunya di menit 35.

Titel ini amat berarti untuk Inggris. Untuk kali pertama sedari tim senior mereka keluar sebagai juara di Piala Dunia 1966, negara itu jadi juara dunia lagi.

Keberhasilan Inggris semakin sempurna usai pemain penyerang mereka, Dominic Solanke, dipilih sebagai Pemain paling oke. Solanke, yang belum lama ini pindah dari Chelsea menuju Liverpool, ciptakan 4 angka di selama turnamen berlangsung.

Walaupun Calvert-Lewin jadi pencipta angka penentu hasil oke, Inggris pun perlu ucapkan terima kasih pada penjaga gawang Freddie Woodman. Woodman patahkan peluang emas Venezuela untuk samakan skor saat ia blok penalti Adalberto Penaranda di menit 74.

Venezuela sesungguhnya miliki kesempatan untuk unggul lebih awal di menit 24. Namun, sepakan bebas Ronaldo Lucena hanya membentur tiang gawang.

Cetak angka Calvert-Lewin di menit 35 hadir usai ia berhasil unggul lewat duel udara dengan pemain bek Venuezuela. Pemain penyerang yang berumur 20 tahun tersebut lalu menembak, namun dipatahkan oleh penjaga gawang Wuilker Farinez. Bola muntah menuju ke Calvert-Lewin kembali dan ia tidak sia-siakan kesempatan yang datang kedua kalinya.

Inggris miliki peluang untuk tambahkan keunggulan mereka usai jeda. Namun sepakan jarak jauh Josh Onomah terbentur mistar gawang.

Susunan Pemain
Venezuela: Farinez, Velazquez, Ferraresi, J. Hernandez, Herrera, R. Hernandez, Lucena, Pena, Penaranda (Hurtado 90+3′), Chacon (Soteldo 51′), Cordova (Sosa 72′).

Inggris: Woodman, Kenny, Tomori, Clarke-Salter, Walker-Peters, Cook, Dowell (Ojo 62′), Onomah, Solanke, Lookman (Maitland-Niles 76′), Calvert-Lewin.