Philippe Coutinho Resmi ke Barcelona, Klub Ini Kembali Bangkit

Perpindahan Philippe Coutinho menuju Barcelona pada akhirnya menjadi kenyataan. Blaugrana mendapatkan Coutinho senilai 142 juta pound sterling.

Transfer Philippe Coutinho membuatnya menjadi pemain paling mahal yang kedua dalam dunia sepak bola ini. Pemain dari Brasil tersebut dikontrak Barcelona selama lima setengah tahun mendatang. Sejatinya, klub dari Katalan tersebut sudah berupaya keras mendapatkan Coutinho sejak musim yang lalu. Namun, Liverpool selalu menolak.

The Reds mungkin harus melepas salah satu pemain andalan mereka ini. Namun, ada klub yang nyatanya kini bersyukur dengan proses transfer Coutinho, yang bernilai fantastis tersebut. Klub tersebut adalah Vasco da Gama. Klub Brasil ini menjadi klub pertama Coutinho memulai kariernya sebagai pesepakbola.

Vasco da Gama akhirnya selamat dari bencana gulung tikar karena transfer Coutinho menuju Blaugrana. Dalam aturan FIFA, klub yang menjadi pendidik, memperoleh bagian dari nilai perpindahannya tersebut.

Coutinho sendiri mendapat kontrak dari Inter Milan pada umur 16 tahun. Namun, dia baru resmi berpisah dari da Gama ke Inter pada umur 18 tahun atau tahun 2010 silam. Tak berjaya di Inter, Liverpool menjadi tempat terbaik Coutinho memperlihatkan kehebatannya. Di tahun 2013, The Reds membelinya senilai 8,5 juta pound sterling dari Nerazzurri.

Tidak dijelaskan berapa yang menjadi bagian Vasco da Gama dari transfer Coutinho. Yang pasti, uang itu menjadi penolong mereka. Disebutkan jika klub ini tengah terpuruk dalam hal gaji para pemainnya. Selain itu, utang mereka sudah banyak, sehingga nilai Coutinho menjadi hal yang menentukan.

Inter Milan sendiri juga memperoleh dana dari transfer Philippe Coutinho ke Barcelona. I Nerazzurri mendapatkan keuntungan senilai 1,25 persen dari nilai jual Coutinho jika pergi dari Anfield.