“Pesaing yang Tidak Stabil Membuat Bayern Mendominasi“

Selama beberapa musim belakangan Bayern Munich hampir saja tak ada lawan di Bundesliga. Kala itu Philipp Lahm merasa dominasi tersebut dipengaruhi ketidakberaturan dari pesaing-pesaing Bayern Munich.

Die Roten tengah menuju gelar liga ke-5 secara berturut-turut. Ketika pertandingan tinggal menyisihkan 9 laga, Bayern tetap menang tiga belas angka dari RB Leipzig yang merupakan pesaing terdekatnya dan enam belas angka dari Borussia Dortmund.

Borussia Dortmund pribadi tak berhasil menunjukkan perlawanan berarti terhadap Bayern Munich sedari meenangi liga secara beruntun di tahun 2010/2011 dan 2011/2012. Sementara kekuatan keuangan di antara sederet klub ikut dilihat bukan menjadi persoalan utama.

“Borussia Dortmund merupakan skuat dengan bakat yang luar biasa, yang dapat menjadikan perebutan title Bundesliga semakin sengit,” ucap bek dan juga seaku kapten Bayern tersebut kepada sumber, seperti diyang disampaikan lewat salah satu media.

“Walaupun Anda mesti katakan bahwasannya sederet tim sisanya di Bundesliga kurang memiliki kualitas.”

“Saya merasa bukan Bayern Munich yang menjadi penanggung jawab dari laju baik kami. Apabila kami menang tiga belas angka usai 25 laga tersebut tandanya sederet klub baik yang lain seperti Wolfsburg atau Schalke tak cukup stabil.”

“Apa lagi kondisi keuangan di liga tak ada yang berubah dari tahun-tahun pada saat kami keluar pada posisi ke-2 dan ke-2,” ucap Lahm, yang sudah memilih untuk mengakhiri masakarier pada akhir musim nanti.