Pertandingan yang Bikin Mental Arsenal Teruji

Pernah tertinggal lebih awal, Arsenal pada akhirnya menangkan laga dengan skor 5-2 saat berhadapan dengan Everton. Sang manajer Arsene Wenger menganggap kalau mental The Gunners sungguh sedang di uji ketika melangsungkang pertandingan tersebut.

Berhadapan dengan Everton pada hari Minggu (22/10/2017) di Goodison Park, Arsenal tertinggal lebih awal di menit 12. Wayne Rooney yang mengantarkan tuan rumah unggul dengan skor 1-0. Arsenal baru memberi balasan pada menit 40, lewat angka yang diciptakan oleh Nacho Monreal. Babak pertama juga selesai dengan skor sementara imbang 1-1.

Arsenal dapat berbalik unggul pada menit ke-53, lewat angka yang diciptakan oleh Mesut Oezil. Tim tamu makin agresif usai Everton perlu melanjutkan jalannya laga dengan sisa 10 orang pada menit 68, dengan catatkan 2 angka lagi lewat Alexandre Lacazette dan Aaron Ramsey.

Pada masa injury time, Everton pernah menambah kecil kecil skor menjadi 4-2 lewat angka yang diciptakan oleh Baye Oumar Niasse, sebelum Alexis Sanchez membuat Arsenal menang dengan skor 5-2.

Untuk Lacazette, Oezil, dan Sanchez, ini adalah kali pertama tampil bersama di Arsenal. Walau merasa puas dengan penampilan ketiga pemain tersebut, Wenger memilih menyanjung semua tim. Sang manajer yang berasal dari Prancis tersebut ingin tampilkan ketiganya lebih sering lagi.

“Saya berharap seperti itu — namun saya merasa tim dengan menyeluruh tampil dengan oke. Kami dites secara mental ketika kami tertinggal dengan skor 0-1 setelah start yang amat oke. Kami tak lakukan penuntasan akhir, penjaga gawang mereka menjaga mereka dapat terus berselisih dan secara mengejutkan kami tertinggal dengan skor 0-1,” kata Wenger pada situs resmi klub.

“Hal tersebut menguji mental, namun kami selalu melangkah, mempertahankan fokus kami dan perlahan kualitas pergerakan dan umpan kami dapat membuat Everton kerepotan. Kemudian, dengan kebolehan menyerang yang kami miliki, tentu saja hal tersebut jadi pembeda,” kata sang manajer yang berasal dari Prancis tersebut

Hasil oke bikin Arsenal sekarang ini berada di urutan 5 dengan mengumpulkan 16 poin, sedangkan Everton masuk ke zona degradasi dengan menempati urutan 18 dengan catatkan 8 poin lewat 9 pertandingan.