Permintaan Transfer Guardiola Buat Manajemen City Pusing

pep guardiolaTuntutan nahkoda Manchester City, Pep Guardiola melakukan cuci gudang pada bursa transfer musim panas memberi tekanan besar bagi direktur olahraga Txiki Begiristain. Pasalnya, di beberapa tahun terakhir urusan transfer yang dilakoni Begiristain justru tak berguna.

Semenjak bermukim di Etihad Stadium pada tahun 2012 silam, Begiristain sering menyetujui transfer besar The Citizens. Kendati tak sedikit yang bisa dikatakan sukses berseragam City, namun ada pula yang direkrut setinggi langit tetapi hanya jadi penghias bangku cadangan.

Pemain-pemain itu di antaranya ialah Eliaquim Mangala dan Wilfried Bony. Mangala datang dari FC Porto dengan mahar senilai 42 juta poundsterling atau sama dengan Rp 720 miliar. Sementara Bony yang datang dari Swansea City senilai 27 pounds pun gagal bersinar. Mereka pun sekarang dipinjamkan ke klub lain, dengan Mangala ke Valencia dan Bony ke Stoke City.

Di lain sisi, kombinasi Guardiola dengan Bergiristain juga menghasilkan pemain yang pas dengan kebutuhan skuat yakni mendatangkan Gabriel Jesus. Gabriel digotong Palmeiras dengan biaya 30 juta pounds (setara Rp 514 miliar) pada awal musim.

Walau baru mendarat di Etihad Stadium pada Januari kemarin, namun Gabriel Jesus mampu memberi kejutan untuk City. Di tengah-tengah mandulnya Sergio Aguero, Gabriel mampu mencetak empat gol di Premier League. Tak pelak City ‘ngarep’ striker asal Brasil itu bersinar musim depan.

Pada jendela transfer musim panas mendatang manajemen kabarnya menyiapkan dana tak kurang dari 200 juta poundsterling untuk menjadikan City penantang kuat di Inggris dan Eropa. Cuma syaratnya, baik Pep dan Begiristain harus mempersembahkan gelar juara musim depan.

Dalam daftar incaran Guardiola sejauh ini, sejumlah nama besar yang banderolnya sangt mahal dimasukan ke dalam daftar belanja. Seperti Alexis Sanchez dari Arsenal (50 juta pounds) maupun fullback Tottenham Hotspur, Kyle Walker (40 juta pounds).

Untuk mengikis beban pengeluaran, klub juga berniat melepas pemain inti mereka. Gelandang City Kevin De Bruyne yang diincar oleh Bayern Munich bisa dimahari sebesar 55 juta pounds.