Performa Lionel Messi Menurun, Tato Jadi Alasannya

Ingo Frobose, profesor dari Universitas Olahraga Jerman mengungkapkan jika tato ternyata dapat menurunkan penampilan pesepakbola dunia. Frobose menilai jika klub-klub sepak bola dunia diharuskan membuat aturan larangan tato pemain sepakbola.

Tato dan pesepakbola dunia akhir-akhir ini memang menjadi satu kesatuan yang selalu berkaitan. Pesepakbola sekelas Lionel Messi, Neymar, hingga Sergio Ramos menjadi pemain sepakbola bertato yang paling populer. Salah satu tato pemain sepakbola yang paling menghebohkan adalah Messi.

Lionel Messi memang giat dalam merajah tubuhnya. Bahkan penyerang dari timnas Argentina itu sudah merajah kaki kirinya dengan gambar bola dan angka sepuluh.

“ Saya sendiri akan melarang pemain untuk melakukan tato pada tubuhnya. Hal ini harusnya diberlakukan pada klub sepak bola dunia lainnya demi kesehatan dan kebugaran pemain mereka, namun sepertinya hal ini tidak begitu mereka perdulikan, ” papar Frobose.

Lebih lanjut, profesor ini memaparkan jika pesepakbola dunia dapat merasakan penurunan penampilan sampai lima persen karena tato. Hal itu dikarenakan kulit mereka sudah tercemar dengan racun yang ada di tinta tato.

“ Beberapa studi mengungkapkan jika pemain sepakbola bertato akan mengalami penurunan kinerja hingga lima persen. Kulit merupakan organ yang kita punya, namun itu akan berbahaya jika sudah dipapari racun. Sekitar 70 persen dari tinta tato tidak hanya ada di kulit kita, namun juga aliran darah. Hal ini akan mempengaruhi kinerja dan kemampuan tubuh, ” papar Frobose.

Walau begitu, tidak semua pesepakbola dunia yang berniat untuk merajah tubuhnya dengan tato. Salah satu pemain yang sampai saat ini tidak ingin mempunyai tato adalah bintang dunia dari Real Madrid, yakni Cristiano Ronaldo.