Pemainnya Cedera, Barca Malah Dapat Untung

Pemain rekrutan termahal Barcelona dibursa musim panas 2017 kemarin, Ousmane Dembele terpaksa ditepikan lantaran terkendala cedera otot parah. Bintang muda kelahiran Prancis tersebut terpaksa ditarik keluar lapangan karena mengalami robek tendon dan harus menjalani serangkaian operasi khusus untuk mempercepat proses penyembuhan.

Melawan Getafe dilanjutan La Liga Spanyol akhir pekan kemarin, Dembele langsung tampil sebagai starter dan sukses memberikan beberapa tekanan kepada tuan rumah. Namun sayang, petaka datang dan Dembele harus diterbangkan ke Helsinki, Finlandia, untuk menjalani operasi dibawah penanganan dokter spesialis, Dr Sakari Orava.

Tim dokter Barce memberikan pernyataan bahwa Dembele diperkirakan absen hingga awal tahun 2018 mendatang. Dengan pernyataan ini, maka Barca akan mengalami kerugian besar sebagaimana performa mereka lagi bagus-bagusnya. Dengan kata lain, jika mereka kehilangan satu pemain maka keseimbangan akan terganggu.

Ernesto Valverde selaku pelatih Barca menyadari bahwa kehilangan Dembele akan sedikit mengganggu permainan tim. Namun sang pelatih tak patah semangat dan yakin jika pemain lain akan sangat baik menggantikan posisi Dembele.

Dilain sisi, meski mendapat kerugian. Namun Barca bisa jadi akan mendapat banyak keuntungan dari cedera yang dialami Dembele. Berdasarkan sumber terpercaya, Barca akan mendapat keuntungan dari segi Finansial. Adapun kedatangan Dembele ke Camp Nou dibarengi dengan benderol super besar senilai 105 juta euro plus bonus yang bisa mencapai total 150 juta euro.

Dan salah satu klausul dalam transfer Dembele adalah Barca harus membayar 10 juta euro setelah Dembele bermain dalam 50 pertandingan. Lalu kemungkinan Dembele bermain sebanyak 50 kali akan sulit tercapai lantaran cedera, maka keuntungan akan didapat Barca.

Bisa diartikan bahwa Barca baru akan membayar 10 juta euro itu untuk musim depan, sehingga beban finansial mereka musim ini akan lebih ringan. Akan tetapi, tetap pada kesepakatan bahwa Barca baru benar-benar membayar nilai tersebut ketika Dembele sudah menjalani pertandingan sebanyak 50 kali.