Pemain-pemain Brasil Terbaik Yang Pernah Dimiliki Barca

BarcelonaBrasil dikenal sebagai negara yang paling banyak menghasilkan talenta hebat dalam sepakbola. Pemain dari Brasil banyak bermain di liga-liga top Eropa termasuk juga La Liga Spanyol. Barcelona sebagai salah satu klub besar di Spanyol juga sering dituju oleh pemain-pemain dari negara Amerika Selatan itu. Tidak sedikit pemain Brasil yang mendulang sukses di Camp Nou.

Berikut ini pemain-pemain Brasil terbaik yang pernah dimiliki Barcelona:

Neymar
Neymar
Banyak yang mengkritik Neymar ketika dia memutuskan pindah ke Paris Saint-Germain di bursa transfer musim panas lalu. Namun, tidak dapat dipungkiri juga kalau Neymar merupakan salah satu pemain Brasil terbaik yang pernah bermain bersama tim raksasa Catalan.

Setelah namanyan dikenal dunia bersama FC Santos, Neymar memutuskan bergabung dengan Barcelona di musim panas 2013. Di Barcelona, Neymar membuat sejarah dengan membentuk trio MSN yang amat tajam di depan gawang lawan bersama dengan Lionel Messi dan Luis Suarez.

Neymar merupakan pemain Barca yang berhasil mencetak gol di final Liga Champions saat mengalahkan Juventus di tahun 2015 silam. Pemain berusia 25 tahun itu memenangkan 10 trofi bersama Barcelona dan mencetak 105 gol selama empat tahun di sana.

Rivaldo
Rivaldo
Rivaldo dikenal sebagai pemain yang sangat handal dalam mengeksekusi bola mati. Dia merupakan pengganti potensial Ronaldo Luís yang pindah pada 1997. Rivaldo adalah gelandang serang berpostur tinggi dan sangat berbakat, yang secara konsisten menjadi ancaman untuk bek lawan. Pemain Brasil itu memberikan dampak yang besar selama memperkuat Los Cules.

Rivaldo mencetak 130 gol untuk Barcelona selama lima tahun merumput di Camp Nou antara tahun 1997 dan 2002 dan mengantarkan klub meraih banyak gelar termasuk La Liga dan Copa Del Rey. Dia juga memenangkan beberapa penghargaan individu seperti Pemain Terbaik Dunia FIFA dan Ballon d’Or.

Dani Alves
dani alves
Setelah tampil impresif bersama Sevilla dengan memenangkan berbagai gelar di sana, Dani Alves memutuskan untuk hengkang ke Barcelona. Alves merapat ke Camp Nou pada tahun 2008 setelah klausul rilisnya ditebus Los Cules seharga 23 juta poundsterling.

Di Barcelona, Dani Alves tidak butuh waktu lama untuk menjadi pemain andalan klub untuk mengisi posisi bek kanan utama. Pemain asal Brasil itu berhasil mengantarkan Los Cules meraih dua kali gelar treble winners pada tahun 2009 dan 2015.

Dani Alves juga nyetel dengan Lionel Messi dan sering menyumbangkan assist kepada pemain Argentina tersebut. Dani Alves juga meraih kesuksesan bersama Barca dengan memenangkan 23 gelar di seluruh ajang kompetitif, mencetak 21 gol dari 391 pertandingan.

Ronaldo
ronaldo
Dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa, Ronaldo Luís Nazário de Lima direkrut Barcelona dari PSV Eindhoven yang memecahkan rekor transfer dunia saat itu sebesar 19,5 juta dollar. Selama satu tahun di klub, Ronaldo mampu mencetak 47 gol dari 49 pertandingan pada musim 1996/1997.

Ronaldo membantu Barca mengklaim Piala Winners UEFA, Copa Del Rey serta Piala Super Spanyol. Di level individu, Ronaldo menjadi pemain termuda sepanjang sejarah yang berhasil memenangkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA tahun 1996, saat itu dia baru berumur 20 tahun.

Ronaldo pun hengkang dari Barcelona pada akhir musim dan merapat ke Inter Milan. Lag-lagi transfernya memecahkan rekor transfer dunia. Walaupun masa baktinya di Camp Nou relatif cukup singkat, kontribusi Ronaldo tidak akan pernah dilupakan.

Ronaldinho
Ronaldinho
Ronaldinho direkrut Barcelona dari Paris Saint-Germain setelah mereka gagal mendatangkan David Beckham pada tahun 2003 silam. Kehadiran Ronaldinho di Camp Nou berhasil membantu klub raksasa Catalan ini keluar dari krisis dan kembali jadi klub hebat di Eropa.

Pemain Brasil itu memimpin tim ke posisi runner-up pada musim pertamanya di klub setelah mereka sempat terjebak ke peringkat 12 di tengah-tengah musim. Ronaldinho kemudian meraih trofi La Liga bersama Barcelona di musim keduanya dan juga membantu tim meraih juara Liga Champions pada tahun 2006 dan piala lainnya.

Sebelum pindah ke AC Milan, Ronaldinho memenangkan banyak gelar di level individu atas penampilan gemilangnya termasuk Ballon d’Or, Pemain Terbaik FIFA, Pemain Terbaik Eropa. Ronaldinho disebut-sebut sebagai pemain Brasil yang paling berpengaruh yang pernah memperkuat Barca.