Ozil Diminta Asah Lagi Mentalitasnya

mesut ozilKendati telah menjadi pesepakbola top, Mesut Ozil dianggap masih memiliki kekurangan. Dalam pandangan Michael Ballack, Ozil harus menempa mental supaya lebih kuat menghadapi kritik.

Ozil mendarat di Arsenal dari Real Madrid tahun 2013 silam. Akan tetapi walau banderol transfernya mematahkan rekor di Arsenal, penampilan Ozil masih belum mencapai ekspetasi.

Musim ini performa Ozil lagi-lagi menjadi sorotan. Penampilan gelandang berusia 28 tahun tersebut jauh dibawah kata mengesankan, khususnya ketika The Gunners ditumbangkan Bayern Munich di Liga Champions.

Sekarang kelanjutan nasib Ozil di Arsenal tengah menjadi pembicaraan mengingat belum terjalinnya kesepakatan terkait pembaruan kontrak. Apabila pada akhirnya Ozil memilih tetap bertahan, Ballack menyarankan supaya anggota timnas Jerman itu mengasah mentalnya dan tidak membiarkan komentar negatif berdampak buruk pada performanya.

“Dia merupakan salah satu pemain terbaik dunia era sekarang ini. Dia memiliki kaki kiri yang fantastis, sentuhan yang hebat, visi yang bagus terhadap permainan, dikombinasi dengan kecepatannya dengan bola khususnya. Dia mampu memberikan pengaruh besar dalam permainan dan merubah laga,” ujar Ballack dalam wawancara dengan Sky Sports.

“Satu hal yang harus segera dia perbaiki ialah faktor mental, bagaimana ia menghadapi situasi tertentu, seperti bila dia merasa nyaman di lapangan, maka ia ialah salah satu seorang terbaik di dunia.”

“Akan tetapi semua pemain mengdapat situasi sulit dalam pertandingan di mana menerima kritik dan anda harus melaluinya,” lanjut Ballack.

“Saya ingin dia bisa sedikit berkembang dan menghadapi opini media, fans, atau siapapun, karena dia merupakan pemain bagus dan terkadang dia harus lebih percaya diri.”

“Dan setelah itu mungkin dia bisa melangkah maju jadi pemain top dunia, karena dia memiliki kesempatan itu,” katanya menegaskan.