Osasuna Resmi Menjadi Klub Pertama Yang Tereliminasi Di La Liga 2016-2017

Peringkat pertama dari dasar klasemen La Liga di pekan ini yaitu Osasuna, telah berhasil diresmikan menjadi klub sepak bola pertama yang dipastikan akan turun kasta kembali ke Segunda division untuk musim depan. Pasalnya poin yang mereka peroleh saat ini, tak akan mampu mengangkat mereka untuk tetap bertahan di La Liga musim depan walaupun seandainya mereka selalu menang di sisa pertandingan di periode kompetisi kali ini.

Hal ini ditandai saat mereka dipermalukan oleh tuan rumah pertandingan pada putaran ke 34 menghadapi pemuncak klasemen sementara yaitu Barcelona. Mereka harus menerima serangan Barcelona dan kebobolan sebanyak tujuh kali, walaupun mereka sempat membalas serangan Barcelona dimenit ketiga setelah babak kedua dimulai. Saat itu Roberto Torres.

Namun dengan hasil pertandingan tersebut, membuat Barcelona membawa pulang poin penuh tanpa menyisakan poin sedikitpun dengan Osasuna. Selain karena klub dipermalukan saat bertamu Camp Nou, hasil tersebut membuat Osasuna yang baru saja naik kasta dari musim lalu di Segunda Division harus kembali lagi bermain d liga tersebut di musim depan.

Poin yang mereka peroleh saat ini, setelah dihitung hitun tak akan mampu mendongkrak posisi mereka di klasemen menjauhi zona degradasi. Memang dipekan ini, Ia masih memiliki harapan untuk dapat merubah keadaan namun sayangnya pada saat yang bersamaan, rivalnya yang berada di mulut zona aman yaitu Leganes, berhasil mengunguli lawannya yaitu Las Palmas dan membuat selisih poin dengan peringkat dibawahnya semakin melebar.

Memang dengan empat pertandingan tersisa sebelum kompetisi berakhir, mereka mungkin bisa menyamai selisih 12 poin dengan Leganes namun itu berarti mereka harus selalu menang dan Leganes selalu kalah. Masalahnya gol selsish gol masuk dan gol kemasukan Leganes masih jauh lebih unggul sehingga walaupun poin mereka sama, Osasuna tetap akan kalah. Dan artinya Osasuna pun sudah tak mungkin lagi keluar dari zona degradasi.

Dimusim lalu sebagai tim promosi, Osasuna tampil baik di musim lalu. mereka mengalahkan Gimnastic de Tarragona dan Girona FC di play-off La Liga. Osasuna pun akhirnya mencicipi lagi ke kasta tertinggi Spanyol sejak dua tahun mereka terdegradasi. Sayangnya kini mereka mengalami lagi hal yang serupa.