Oblak Akan Raih Zamora Trophy Lagi Musim Ini

Jan Oblak Zamora Trophy 2015-16, Jan Oblak Zamora Trophy, Jan Oblak Atletico Madrid Zamora Trophy 2015-16, Jan Oblak Atletico Madrid, la liga, liga inggris
Jan Oblak 2016 Zamora Trophy

Penjaga gawang Atletico Madrid, yaitu Jan Oblak, sepertinya akan mengulang kemenangannya dalam ajang perebutan gelar juara Zamora Trophy yang hampir lengkap tinggal menunggu satu putaran terakhir di La Liga untuk dimainkan.

Zamora Trophy merupakan ajang pernghargaan sepak bola yang mungkin jarang didengar, namun hal tersebut suadh didirakan oleh media surat kabar Marca dari tahun 1958. Penghargaan tersebut ditujukan untuk penjaga gwang dengan jumlah rasio “goals to games” terrendah atau rasio antara gol kebobolan dengan jumlah penampilan yang melibatkannya.

Awalnya untuk dapat mengikuti kompetisi tersebut sang kiper harus minimal mengikuti 15 pertandingan liga dimusim ini, kemudian naik menjadi 22 tahun 1983. Dan kini syaratnya diperketat karena harus mengukuti 28 pertandingan dalam satu musim dengan minimal waktu bermain 60 menit dalam satu pertandingan.

Musim lalu, kiper asal Slovenia tersebut berhasil menggondol penghargaan itu namun cederanya dalam musim ini, membuat peluangnya untuk mengulangi prestasi yang sama dalam kondisi yang berbahaya.

Meskipun demikian, Ia berhasil mencatat bahwa Ia mampu masuk menjadi kandidat untuk pertama kalinya setelah menyelesaikan minimal 60 menit di game ke 28 musim ini. Malah Ia memimpin daftar tersebut dengan rasio gol kebobolan 0,71 per game, diikuti oleh Marc Andre Stegen dengan 0,89 dan Diego Lopez dari Espanyol pada 1,12.

Sebenarnya sudah cukup bagi Oblak untuk dapat mempertahankan penghargaannya dimusim ini, kecuali seandainya ia mengalami moment yang menyedihkan dalam pertandingan terakhir menghadapi Athletic Bilbao.

Jika dihitung-hitung, agar Ia tak kehilangan trofi yang sudah ada di genggamannya tersebut, maka Ia hanya perlu menjaga agar tidak lima kali kebobolan menghadapi Bilbao, dan disisi lain, Stegen harus perlu menjaga clean sheet di kandangnya sendiri menghadapi Eibar.

Jika skenario itu benar benar terjadi, mereka akan imbang di puncak urutan kandidat dengan rasio 0,86 dan sepertinya kemungkinan tersebut sangat kecil mengingat bahwa Atletico terakhir kali kebobolan lebih dari empat gol dalam satu pertandingan di LaLiga, terjadi pada musim 2011/12 menghadpi Barcelona.

Hanya ada dua kejadian imbang antara dua kiper dalam pertarungan untuk memperebutkan penghargaan ZamoraTrophy, yaitu tahun 1970-1971  antara Rodri dan Angel Abelardo dan 1992-1993 antara Francisco Liano dan Santiago Canizares.