Nyaris Separuh Uang Barca Masuk ke Rekening Messi

Sebuah lembaga riset ternama dunia yang biasa disebut Football Leaks dan Mediapart baru saja membuka besaran gaji dan bonus yang diterima Lionel Messi di kontrak baru di Barcelona.

Pada kenyataannya, Messi memang baru saja menandatangi kontrak dengan perpanjangan kontrak hingga musim 2021 mendatang. Semua ini terjadi pada bulan November 2017 lalu. Kepastian ini juga menjadi keuntungan banyak reporter karena mereka sudah tidak menunggu-nunggu kepastian.

Sudah diketahui jika negosiasi kontrak baru Messi ini berjalan bertahun-tahun dan kontrak Messi saat itu akan berakhir pada Juni 2018. Dalam artian jika Messi terbuka untuk melakukan pembicaraan dengan klub lain.

Demi mempertahankan Messi di Camp Nou, Barca pun harus berani mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan tanda tangan kapten Argentina tersebut. Usut punya usut mereka harus harus membayar lebih dari 100 juta euro per musim untuk mempertahankan la Pulga di Camp Nou.

Berikut kami tampilkan rincian besaran gaji yang didapat Messi bersama Barcelona :

1. Pencitraan pribadi dan gaji berkisar 71.053.846 euro per musim (Sekitar 284 juta euro selama 4 musim)

2. Bonus Signing sebesar 63.5 juta euro atau kalau dipecah menjadi 16.3 juta euro per musim.

3. Kesetiaan bonus sebesar 70 juta euro atau 17,5 juta euro per musim. Bonus ini akan didapat penuh jika Messi bertahan di Barca sampai kontraknya habis pada 2021.

Merujuk pada tiga poin diatas adalah maka Barca harus membayar 104,4 juta euro per musim. Dengan kata lain, Barca membayar Messi 286.140 euro per hari, 11.922 euro per jam. Jika di Rupiahkan, Maka gaji Messi di Barca adalah 190 juta per jam.

Satu yang menarik disini ketika Barca nyaris gagal menjalin kerja sama baru, dimana mereka memberikan pernyataan keberatan atas permintaan gaji Messi. Bagaimana tidak, saat itu gaji Messi mencaplok lebih dari 40 persen bujet Barca untuk pos gaji.

Ketika Neymar pergi, maka presentase pengeluaran mereka menjadi lebih besar. Normalnya kesenjangan seperti ini akan bisa menimbulkan masalah di klub lain. Biasanya akan ada pemain yang iri jika ada pemain lain yang mendapat gaji sangat besar seperti itu.

Akan tetapi, ketika berbicara nama Messi. Maka dia bisa dibilang sangat vital bagi Barca dan nyaris semua pemain mengaguminya dan sepertinya justru ikut gembira dengan kontrak yang sudah terjadi tersebut.