Neymar dan Mbappe Mendarat, UEFA Mulai Selidiki PSG

Paris Saint Germain benar-benar menunjukan kapasitasnya sebagai klub kaya dunia, bagaimana tidak?. Bursa musim panas 2017 ini saja, mereka tercatat sudah mendatangkan dua pemain bintang kelas elite, usai membajak Neymar dari Barcelona, lalu PSG berhasil membujuk Kylian Mbappe dari pesaing mereka di Ligue 1, AS Monaco untuk merapat.

Perekrutan dua pemain kelas Eropa tersebut diindikasikan menghabiskan dana super megah yang mencapai 400 juta euro. Neymar menjadi pemain pertama dengan mega transfer sebesar 222 juta euro sementara Mbappe dibeli dengan harga yang bisa mencapai 180 juta euro.

Dengan hasil ini, maka UEFA selaku pihak tertinggi liga Eropa pun menyatakan akan menyelidiki aktivitas transfer PSG tersebut. Mereka menyakinkan bahwa apa yang akan dilakukan kali ini benar-benar tertuju pada satu tujuan dan tidak pandang bulu dalam mengambil keputusan.

“Kamar Penyelidikan Inspektorat Finansial Klub UEFA akan memulai penyelidikan resmi terhadap Paris Saint-Germain, sebagai tindak lanjut dari dugaan laju PSG. Saat ini PSG memang masih diawasi regulasi yanbg ditetapkan Financial Fair Play (FFP). Penyelidikan ini akan berfokus pada ketaatan klub terhadap aturan neraca keuangan yang sudah ditetapkan, yang utama adalah terkait pergerakan transfer musim ini. Dalam beberapa bulan ke depan, Badan Penasehat keuangan Klub UEFA akan bertemu secara reguler untuk melakukan evaluasi terhadap semua dokumen kasus yang ada,” demikian pernyataan resmi UEFA.

Dalam dua proses transfer ini, PSG terbilang cukup pintar. Bisa dilihat ketika mendapatkan tanda tangan Neymar, PSG tak lantas membayar sendiri biaya pemutusan kontrak sang bintang. Perusahaan induk PSG, Qatar Sports Investment yang memberi Neymar uang untuk membayar pemutusan kontraknya di Barca dengan dalih menjadikan Neymar sebagai duta Piala dunia Qatar.

Jika kontrak Neymar dengan perusahaan besar Qatar itu berakhir, maka bisa dipastikan Neymar akan merapat ke PSG dengan status gratis. Tak berhenti sampai disitu saja, perihal transfer Mbappe mereka juga tak kalah fenomenal. PSG tidak langsung melakukan pembayaran secara langsung seluruh transfer Mbappe karena untuk menghindari hukuman FFP.

Dengan datangnya Neymar dan Mbappe, maka PSG akan lebih sangat berbahaya. Banyak yang memprediksikan jika dua pemain itu akan menambah daya gedor tim garapan unai Emery. Misi mencapai sebagai tim terbaik Eropa mungkin saja bisa digapai PSG musim ini.