MU Manfaatkan Penjaga Gawang Benfica

Manchester United raih lagi poin penuh setelah menangkan laga dengan skor 1-0 di markas Benfica. Cetak angka hasil oke MU berhubungan dengan kesuksesan taktik yang diarahkan oleh Jose Mourinho.

Setan Merah berhasil bukukan hasil oke ketiga secara beruntun di Grup A ketika melangsungkan laga ke Da Luz, pada hari Kamis (19/10/2017) dinihari WIB. Gol tunggal MU tersebut tercipa dengan cara yang tak biasa.

Pada babak kedua, Marcus Rashford  lakukan eksekusi sapakan bebas dari area tengah lapangan. Bola meluncur kencang ke gawang Benfica yang membuat Mile Svilar terpaksa bikin kesalahan. Penjaga gawang muda Benfica tersebut mendapat bola di dalam garis gawang sampai disebut  sebagai cetak angka.

Kesalahan Svilar tak membuat Mourinho kaget. Ternyata hal itu adalah bagian dari rancangan sang manajer.

“Saya mengetahui seberapa oke dirinya (Svilar) dan saya katakan pada para pemain seberapa oke dirinya,” kata Mourinho setelah laga. “Namun, kami punya statistik dan informasi soal set-piece, maka kami perlu bikin dirinya merasa tak nyaman.

“Maka ketika sepak pojok, kami berusaha untuk menyerbu dirinya dan biin ia dalam tekanan, dan dari sepakan bebas kami tahu ia mengambil banyak risiko. Sangat banyak.”

“Hanya para penjaga gawang oke seperti dirinya yang lakukan hal tersebut. Ia tak beruntung untuk cetak angka tersebut,” sambung Mourinho.

Walau bermain kurang mantap, namun hasil oke dengan skor tipis ini makin membuka lebar kesempatan MU untuk bisa lolos ke babak 16 besar. MU bukukan 100 persen hasil oke pada 3 pertandingan grup pertama sampai berada di urutan teratas klasemen sementara Grup A dengan mengumpulkan 9 poin, unggul 3 poin dari Basel di urutan kedua.

Pada matchday keempat, MU masih bakal berhadapan dengan Benfica yang bakal berlangsung pada awal bulan depan di Old Trafford.